TribunJatim/

Kematian Pendaki Gunung Lawu Diduga Kedinginan

- Jenazah Sularno (55) warga Desa Sidomulyo, RT03/RW09, Kecamatam Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah akhirnya berhasil dibawa turun Tim BPBD

Kematian Pendaki Gunung Lawu Diduga Kedinginan
Surya/Doni Prasetyo
Jenazah Sularno (55) warga Desa Sidomulyo, RT03/RW09, Kecamatam Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pendaki yang ditemukan tewas di bedengan, Pesanggrahan Puncak Argodalem, Gunung Lawu, akhirnya berhasil dibawa turun ke Pos Cemorosewu, Selasa (22/8) sekitar pukul 18.55 WIB. 

 TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Jenazah Sularno (55) warga Desa Sidomulyo, RT03/RW09, Kecamatam Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah akhirnya berhasil dibawa turun Tim BPBD Kabupaten Magetan dan Basarnas Trenggalek, Selasa (22/8) sekitar pukul 18.55.

Setelah sampai di Pos Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, jenazah pendaki itu langsung dilakukan otopsi oleh dokter Puskesma Plaosan dan Dokkes Polres Magetan.

Keterangan sementara dari Kapolsek Plaosan, Polres Magetan AKP Ruwajianto, hasil otopsi luar jenazah Sularno tidak ditemukan luka luka disekujur tubuhnya. Dari kesimpulan sementara penyebab kematian korban karena hipoternia atau kedinginan.

"Kesimpulan ini sementara, karena otopsi hanya dilakukan diluar tidak sampai memperdalam. Tapi untuk bagian luar tidak ada luka luka, seluruhnya utuh,"kata Kapolsek Ruwajianto kepada Surya, seusai otopsi Selasa (22/8/2017).

Otopsi dilakukan dua dokter dari Puskesmas Plaosan, Magetan dan tenaga kesehatan dari Polres Magetan di halaman parkir pintu masuk jalur jalan pendakian Cemorosewu sekitar satu jam lebih dan berakhir sekitar pukul 19.35.

"Setelah otopsi selesai jenazah kita serahkan kepada keluarga, disaksikan dari Polsek Metesih dan dokter yang mengotopsi,"kata AKP Ruwajianto.

Seperti diberitakan, Sularno pendaki Gunung Lawu ditemukan anak anak Lawu sudah meninggal dunia di bedengan Pesanggaran Argodalem Puncak Gunung Lawu, Selasa (22/8-2017) sekitar pukul 06.00.

Sesuai cacatan di pos pintu masuk jalur jalan pendakian Cemorokandang, Karanganyar, Jawa Tengah, korban mendaki Gunung Lawu Rabu (16/8-2017) untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI di Puncak Lawu.

Namun, sampai batas waktu izin di Pos Pintu Masuk Pendakian Cemorokandang, korban belum terlihat turun untuk mengambil KTP dan sepeda motor yang dititipkan, tim komunitas anak Lawu memutuskan untuk mencari korban. Ternyata korban ditemukan sudah tergeletak dalan kondisi sudah tidak bernyawa. (Surya/Doni Prasetyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help