TribunJatim/

Sambut Pesta Kemerdekaan TNI dan Warga Jember Gelar Karnaval Pandalungan, Begini Kemeriahannya

Tentara Nasional Indonesia (TNI) beserta ribuan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur menggelar pesta rakyat Karnaval Pandalungan.

Sambut Pesta Kemerdekaan TNI dan Warga Jember Gelar Karnaval Pandalungan, Begini Kemeriahannya
Dok. Kodim 0824 Jember
Rangkaian foto karnaval Pandalungan yang digelar warga Kabupaten Jember besersama anggota TNI untuk menyambut HUT RI ke 72, Minggu (27/8/2017). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Manik Priyo Prabowo

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) beserta ribuan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur menggelar pesta rakyat Karnaval Pandalungan, pada Minggu (27/8/2017).

Pesta rakyat untuk menyambut HUT RI ke 72 ibi dimeriahkan oleh siswa, siswi dan masyarakat yang memakai aneka kostum.

"Acara ini merupakan karnaval Pandalungan yang menyimbolkan keanekaragaman suku dan budaya di Jember pada masa penjajahan dulu," jelas Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf Rudianto seperti release yang diterima TribunJatim.com, pada Minngu (27/8/2017).

Acara karnaval Pandulangan ini di gelar dari Gedung Serbaguna GOR PKPSO Jember dan berjalan di sepanjang jalan.

"Temanya memang Pandalungan yang berarti kebersamaan dalam keanekaragaman. Dari situ kita bisa memupuk rasa nasionalisme dan kebersamaan," ucap Letkol Rudianto.

"Sejak jaman penjajahan Kabupaten Jember sudah banyak pendatang. Jadi acara Pandalungan ya banyak yang memakai pakaian tradisional yang berbeda-beda tak hanya khas Kabuoaten Jember saja," lanjutnya.

Istilah Kota Jember menjadi Kota Pandhalungan sudah tidak asing lagi karena Kabupaten Jember sendiri terbentuk oleh padatnya arus pendatang yang bermukim di Jember sejak jaman penjajahan dahulu.

Acara karnaval yang dibuka dan dilepas oleh Bupati Jember Faida tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Jember, beserta Wakil Bupati Jember A Muqit Arif.

Pada sambutannya Bupati Jember menyampaikan, bahwa karnaval ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi bagi potensi-potensi daerah.

"Kedepan karnaval ini akan dikolaburasikan dengan para ahli, seniman, budayawan dan lain-lain sehingga karnaval ini dapat dikemas dengan lebih baik lagi," katanya.

Penulis: Manik Priyo Prabowo
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help