TribunJatim/

BREAKING NEWS - Penyimpanan Ampas Tebu PG Gempolkrep Mojokerto Terbakar

Gudang penyimpanan ampas tebu di Pabrik Gula (PG) Gempolkerep, Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dilalap si jago merah.

BREAKING NEWS - Penyimpanan Ampas Tebu PG Gempolkrep Mojokerto Terbakar
surya/ Rorry Nurmawati
Petugas pemadam saat membasahi ampas tebu yang sempat terbakar. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Gudang penyimpanan ampas tebu di Pabrik Gula (PG) Gempolkrep, Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dilalap si jago merah.

Tak tanggung-tangung, lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api yang diduga berasal karena suhu udara yang panas.

Aktivitas kegiatan penggilingan sempat berhenti sesaat ketika kebakaran terjadi pada Senin (28/8/2017) siang.

Tiba-tiba saja, api muncul di lahan yang berada tepat di sisi barat pabrik yang berdekatan dengan tempat penggilingan gula. Api pun cepat membesar dan membakar ampas tebu yang akan digunakan untuk pembangkit uap atau ketel.

"Diduga karena suhu yang panas, kemudian terjadi gesekan yang menyebabkan ampas mudah terbakar. Seperti di dalam sekam, ada tekanan panas sehingga menimbulkan gesekan api dan didukung angin," kata Kepala Bagian Keamanan PG Gempolkrep, Kompol Didit Hari Setiawan.

Lahan seluar satu hektar itu pun dengan cepat dilalap api. Beruntung petugas pemadam cepat membasahi api, sehingga api tudak menjala ke bagian lainnya.

"Meskipun jauh dari tempat produksi, aktivitas kegiatan sempat dihentikan untuk mengantisipasi hubungan arus pendek. Alhamdulillah sekarang tinggal pembasahan," jelasnya. (Surya/Rorry Nurmawati)

Penulis: Rorry Nurmawati
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help