TribunJatim/

Dampak Musim Kemarau, Empat Kebakaran Hutan Terjadi di Jombang

Musim kemarau di Kabupaten Jombang mulai berdampak pada kawasan hutan, yakni terjadinya kebakaran.

Dampak Musim Kemarau, Empat Kebakaran Hutan Terjadi di Jombang
Surya/Sutono
Bekas kebakaran hutan di Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Musim kemarau di Kabupaten Jombang mulai berdampak pada kawasan hutan, yakni terjadinya kebakaran.

Selama dua bulan terakhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sedikitnya empat kali kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Itu laporan yang masuk ke BPBD," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jombang, Gunadi, kepada Surya, Senin (28/8/2017).

Dari empat laporan kebakaran hutan yang diterima BPBD Jombang itu, menurut Gunadi, hanya dua laporan yang dilakukan tidak lanjut.

Yakni kebakaran hutan di Pesa Pengampon Kecamatan Kabuh serta di Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung. “Sedangkan dua kebakaran tidak ditindaklanjuti," kata Gunadi.

Dua kebakaran yang tidak ditindaklanjuti masing-masing kebakaran hutan di lereng Gunung Anjasmoro dan hutan di Desa Ngusikan Kecamatan Ngusikan.

"Di Gunung Anjasmoro tidak dilakukan tindak lanjut, karena medan yang sulit serta keterbatasan anggota. Sedangkan di Desa Ngusikan, api sudah berhasil dipadamkan warga,” imbuhnya.




Gunadi menyatakan, pihaknya menerapkan status siaga bencana kebakaran hutan, dan akan terus dilakukan selama musim kemarau hingga musim hujan tiba.

"Ini mengingat kondisi cuaca yang sangat panas saat ini, yang bisa memicu segala kemungkinan, teruatama terjadinya kebakaran," terang Gunadi.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help