TribunJatim/

Swalayan Ternak 'Cattle Market Festival' Hanya Ada di Banyuwnagi

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Banyuwangi menggelar pasar ternak kurban, bertajuk 'Banyuwangi Cattle Market Festival 2017'.

Swalayan Ternak  'Cattle Market Festival' Hanya Ada di Banyuwnagi
Surya/Haorrahman
Cattle Market memamerkan anega jenis ternak yang ada di Banyuwangi, khususnya hewan kurban. 

 TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Banyuwangi menggelar pasar ternak kurban, bertajuk 'Banyuwangi Cattle Market Festival 2017'.

Gelarab ini tak hanya menjadi pamer potensi ternak, namun juga sebagai swalayan hewan kurban tahun ini.

Cattle Market digelar selama dua hari, Minggu - Senin (27-28 Agustus 2017), di GOR Tawangalun, Banyuwangi.

Ada sekitar 200 ekor hewan kurban yang tersedia seperti sapi, kambing dan domba.

"Kami buat ajang ini sebagai swalayan hewan kurban. Ada sekitar 200 hewan kurban yang kami siapkan. Nanti akan bertambah menyesuaikan permintaan," kata Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Banyuwangi, Arief Setiawan, Senin (28/8/2017).

Tidak hanya menyediakan hewan kurban yang telah bersertifikat dan telah lulus pemeriksaan kelayakan, orang pedagangnya juga akan memberikan informasi lengkap terkait hewan-hewan itu.

Mulai dari usia, kesehatan, harga sesuai patokan hingga informasi tentang tukang jagal yang mampu menyembelih hewan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan agama.

"Soal harga tidak perlu kuatir, harga di sini kisarannya sama dengan di pasaran. Hewan-hewan ini pun telah lolos uji. Selain itu pedagang juga akan selalu memberikan informasi yang benar terkait hewan kurban. Ada standarisasi harga dan semua hewan yang dijual, harganya dicantumkan," kata Arief Setiawan.

Selain bisa memilih dan ada jaminan kelayakan, masyarakat yang berbelanja hewan kurban di Banyuwangi Cattle Market juga akan mendapat layanan antar hewan kurban ke alamat pembeli.

"Masyarakat yang ingin berkurban bisa mencoba melihat-lihat. Bila cocok langsung dibeli, nanti kita antar langsung ke pembeli saat mendekati hari raya Idul Adha," jelas Arief Setiawan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help