TribunJatim/

Tangani Kasus Penyakit Langka ini, Tim Bedah CBSC Akan Siarkan Secara Live

Ada setidaknya 1001 kasus khusus operasi pemisahan saraf di batang otak yang dilakukan dalam 15 tahun terakhir.

Tangani Kasus Penyakit Langka ini, Tim Bedah CBSC Akan Siarkan Secara Live
SURYA/SULVI SOFIANA
dr M Sofyanto SpBS, Spesialis Bedah Saraf yang memimpin operasi Microvascular Decompresi ke-1001 di National Hospital, Rabu (30/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Penanganan bedah syaraf pada area batang otak saat ini telah dikembangkan dengan teknik microsurgery.

Tim bedah syaraf Comprehensive Brain and Spine Center (CBSC) bahkan telah menangani 1001 kasus khusus operasi Microvascular Decompresi (pemisahan saraf di batang otak) dalam 15 tahun terakhir.

Spesialis Bedah Syaraf CBSC, dr M Sofyanto mengungapkan, kasus 1001 yang ditangani tim CBSC merupakan Trigeminal Neuralgia yang dialami pasien asal Candi Sidoarjo.

Penyakit yang menyerang pembuluh darah dan syaraf batang otak ini merupakan kasus yang bisa dialami 8 dari 100.000 orang. Tanpa adanya faktor keturunan ataupun gaya hidup.

“Penyebabnya ini variasi normal dalam batang otak, bisa dibilang apes. Misalkan saja mobil, sepeda, motor satu mobil dalam setahun yang keserempet 4. Bisa 1 keluarga 2 orang itu bukan masalah keturunan, kebetulan posisi batang otaknya sama sehingga kemungkinan terkena juga sama,” jelas pria yang juga dokter di National Hospital ini.

(Ada Dokter Hilang, Orang Dekatnya ini Ngaku Sebagai Penculik dan Minta Tebusan Rp 4 Miliar, Ternyata)

Berikuti videonya:

(Antisipasi Lonjakan Penumpang Idul Adha di Ketapang-Gilimanuk, Puluhan Kapal Khusus ini Dikerahkan)

Untuk lebih memberikan informasi pada masyarakat, operasi ke-1001 ini tak hanya disaksikan keluarga.

Tetapi praktisi, media dan juga masyarakat yang tertarik bisa menyaksikan jalannya operasi secara live, melalui kamera pada mikroskop.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help