TribunJatim/

Idul Adha 2017

Ponpes Tebuireng Panen Hewan Kurban, Untuk Menyembelih Saja Butuh Waktu 3 Hari

Selama tiga hari berturut-turut sejak Jumat (1/9/2017), Ponpes Tebuireng Jombang terus menyembelih hewan kurban.

Ponpes Tebuireng Panen Hewan Kurban, Untuk Menyembelih Saja Butuh Waktu 3 Hari
SURYA/SUTONO
Suasana penyembelihan dan persiapan pembagian hewan kurban di halaman Ponpes Tebuireng, Minggu (3/9/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Selama tiga hari berturut-turut sejak Jumat (1/9/2017), Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang menyembelih hewan kurban.

Total hewan kurban yang disembelih di Hari Raya Idul Adha tahun ini dan dibagikan kepada ribuan warga tersebut mencapai 38 ekor.

Rinciannya, 23 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Hari terakhir, hewan kurban yang disembelih dalam rangkaian Idul Adha adalah 10 ekor sapi, Minggu (3/9/2017).

(5.000 Hewan Kurban di Kota Malang Diperiksa Ketat Usai Disembelih, Temuannya Mengejutkan)

Sebagaimana dua hari sebelumnya, penyembelihan dan pembagian daging kurban hari terakhir juga berlangsung lancar. Bahkan lebih lancar dari dua hari sebelumnya.

Ini karena pembagian daging kurban hari terakhir ini khusus diperuntukkan bagi karyawan dan ustaz pondok pesantren setempat. "Jumlahnya sekitar 1.000 paket," kata Ketua Ponpes Tebuireng, H Lukman Hakim, kepada Surya.

Menurut Lukman, yang disebut karyawan ini bukan hanya mereka yang menjadi guru atau karyawan tetap di lingkup pesantren, namun juga para pekerja yang saat ini mengerjakan sejumlah pembangunan fisik di Tebuireng.

"Pembangunan fisik di Pesantreen Tebuireng tak pernah berhenti selama beberapa tahun terakhir ini, sehingga pekerjanya bangunnannya sudah seperti karyawan tetap. Mereka jumahnya juga cukup banyak, mencapai ratusan orang," imbuh Lukman.

(Sapi Sumbangan Surya Paloh Kencing Saat Diserahkan, Sambutan Dihentikan dan Politisi Nasdem Loncat)

Lukman merinci, Idul Adha tahun ini memang agak beda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya penyembelihan hanya dua hari, sekarang berlangsung tiga hari berturut-turut.

Hari pertama Jumat (1/9/2017) panitia kurban menyembelih 4 ekor sapi dan 15 ekor kambing, dibagikan khusus kepada warga sekitar ponpes.

Kemudian pada hari kedua, Sabtu (2/9/2017) disembelih 9 ekor sapi. Dibagikan khusus para santri, termasuk para siswa lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Ponpes Tebuireng.

(Pesta Miras di Malam Takbiran, 1 Tewas, 1 Kritis, 9 Orang Nyungsep di IGD)

"Jatah daging yang untuk santri, dirupakan dalam bentuk membakar dan santap sate secara bersama-sama," terang lelaki asal Banten ini.

Sedangkan hari ketiga, dibagikan kepada ustaz, karyawan ponpes serta para buruh bangunan yang mengerjakan sejumlah bangunan fisik di Ponpes Tebuireng. "Sejumlah warga juga ada yang masih mendapat bagian," terang Lukman. (Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help