TribunJatim/

Warga di Magetan Protes Keberadaan Dump Truk, Lembaga ini Tuding Aparat Malah Membiarkan

Pihak ketiga dinilai sebagai pemicu munculnya konflik antara warga dan pemilik dump truk di wilayah Kabupaten Magetan. Siapa oknum yang dituding.

Warga di Magetan Protes Keberadaan Dump Truk, Lembaga ini Tuding Aparat Malah Membiarkan
Surya/Doni Prasetyo
Warga tiga kecamatan di Magetan menutup jalan untuk dump truk yang dinilai mengganggu dan menyebabkan kerusakan jalan. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Konflik antara warga dan pemilik dump truk di wilayah Kabupaten Magetan, dinilai karena pihak ketiga.

Pihak ketiga ini adalah mereka yang diuntungkan dengan keberadaan kendaraan yang melebihi daya muat dengan memodifikasi dimensi bak truk itu.

"Saya pastikan, ada pihak pihak yang rutin menerima upeti dari keberadaan dump truk itu. Karena selama ini, seiring ramainya bisnis material galian, keberadaan dump truk itu mayoritas melanggar daya muat. Tapi semua aparat tidak ada yang bertindak," tegas Noorman Susanto Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Patriot, kepada Surya, Rabu (6/9/2017).

(4 Santri ini Selalu Jadikan Temannya di Pondok Sansak Hidup Hingga Tewas, Gara-gara Ada Laporan ini)

Menurut Noorman, pelanggaran yang dilakukan dump truk bisa dilihat dengan mata biasa. Tapi, aparat dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan polisi dinilai hanya diam saja.

"Kalau sekarang warga ribut, aparat baru berlagak tidak tahu," sergahnya.

Mestinya jika melihat dump truk bak angkutnya sudah tidak sesuai dimensinya, petugas langsung menindaknya. Kalau masih diulangi, truk ditahan dan pengemudi dan pengusaha diproses hukum.

"Tapi ini memang dilematis, diberi aturan dengan sanksi berat, dimainkan. Tidak diberi sanksi, merusak jalan, membahayakan warga dan menimbulkan polusi disejumlah wilayah," katanya.

(Anak Punk Dibunuh Temannya, Mayatnya Lalu Dibonceng Motor dan Dibuang ke Tempat Angker ini)

Sebagai lembaga perlindungan masyarakat, LPKSM Patriot menyatakan akan ikut melakukan pengawasan di dinas dinas terkait, termasuk saat uji kir di Dishub.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help