TribunJatim/

Anda Punya Riwayat Penyakit Jantung, Hindari Olahraga yang Pacu Adrenalin

Kematian mendadak Plt Sekda Kota Batu diduga karena serangan jantung saat sedang bermain futsal. Padahal resiko itu bisa dihindari.

Anda Punya Riwayat Penyakit Jantung, Hindari Olahraga yang Pacu Adrenalin
Alodokter
ilustrasi penyakit jantung 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kematian mendadak Plt Sekda Kota Batu, Achmad Suparto, Rabu (6/9/2017) malam, diduga karena serangan jantung saat dia sedang bermain futsal.

Apalagi, almarhum diketahui memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Dokter Spesialis Jantung, dr Cholid Tri Tjahjono SpJP mengatakan, olahraga yang memicu adrenalin, seperti futsal, memang bisa menyebabkan serangan jantung. Terutama jika dilakukan oleh orang dengan riwayat penyakit jantung.

"Olahraga yang memicu adrenalin, terutama olahraga kompetisi yang memiliki unsur berpacu dengan lawan, akan memudahkan robeknya plak di pembuluh darah koroner dan menimbulkan luka," ujarnya, kepada Suryamalang.com, Kamis (7/9/2017).

(Plt Sekda Batu yang Meninggal Saat Futsal Pejabat Kesayangan Wali Kota, ini Karir Cemerlangnya)

Pembuluh darah koroner berfungsi memberi makan pada jantung yang bertugas untuk mengalirkan darah ke otak.

"Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner, memiliki sumbatan berupa plak atau kerak pada pembuluh darah koroner. Sehingga aliran darah ke otot jantung terganggu dan juga mengganggu aliran darah ke otak," jelasnya.

Sehingga, akan terjadi gangguan irama jantung jika tidak segera ditolong. Akibatnya terjadi komplikasi dan kemungkinan terjadi mati mendadak.

"Makanya, sering dilakukan kampanye pijat jantung untuk mengembalikan ketukan irama jantung menjadi kembali normal. Jika dibiarkan terganggu, bisa berhenti mendadak dan menghentikan aliran darah ke otak," terang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya itu.

(Sering Antar Anak Sekolah, Ibu Muda ini Sedot Uang Rp 96 Juta dari ATM Teman, Modusnya Sederhana)

Halaman
12
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help