TribunJatim/

DPRD Sampang dan Pamekasan Sisihkan Uang untuk Rohingya

Saat itu, bukan hanya kalangan dewan Sampang saja yang merogoh koceknya, tapi kepala organisasi perangkat daerah (OPD), baik kepala dinas, kabag dan c

DPRD Sampang dan Pamekasan Sisihkan Uang untuk Rohingya
Surya/Muchsin
Bupati Sampang, Fadhilah Budiono merogoh sakunya untuk memberikan sumbangan kepada warga muslim Rohingya, di kantor DPRD Sampang. 

 TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Anggota DPRD Sampang berikut Pemkab Sampang dan anggota DPRD Pamekasan, mengumpulkan dana untuk membantu kiris kemanuisaan yang menimpa umat muslim di Rohingya Myanmar.

Pengumpulan dana itu dilakukan 45 angota DPRD Sampang dan DPRD , seusai menggelar sidang paripurna penetapan Raperda, di kantor DPRD Sampang, Kamis (7/9/017) siang.

Saat itu, bukan hanya kalangan dewan Sampang saja yang merogoh koceknya, tapi kepala organisasi perangkat daerah (OPD), baik kepala dinas, kabag dan camat.

Bahkan Bupati Sampang, Fadhilah Budhiono, juga langsung mengambil uang di dompetnya dan diserahan melalui staf dewan untuk kemudian disalurkan kepada lembaga sosial yang kredibel, yaitu Lembaga manajemen Infak Ukhuwah Islamiyah, di Jakarta.

Rahmat Hidayat Rifai, salah seorang anggota DPRD Sampang, yang memprakarsai penggalanan dana ini mengatakan, sebagai sesama muslim, ia merasa prihatin dan miris dengan kejadian yang menimpa masyarakat muslim di Rohingya, sehingga rasa empati itu ditunjukkan dengan pengumpulan dana.

“Saat penggalangan tadi, uang yang terkumpul sebanyak Rp 4 juta. Dan pengumpulan dana ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan, karena tidak tertutupkemungkinan, masih banyak lagi yang akan yang akan memberikan sumbangan ini,” kata Rahmad Hidayat.

Hal serupa diungkapkan Ketua DPRD Pamekasan, Halili Yasin. Seusai sidang paripurna penetapan raperda mengatakan, tragedi yang meninpa etnis Rohingya harus mendapat pertolongan.

Namun yang bisa mereka berikan saat ini barupa doa dan sedikit bantuan yang dikumpulkan dari seluruh anggota dewan.

Menurut Halili, pihaknya tidak akan membatasi jumlah minimal atau maksimal yang akan disumbangkan untuk kemanusiaan. Sebab sifat sumbangan ini tidak menekan, tergantung keihlkasan anggota dewan.

“Karena tidak mungkin berangkat sendiri ke Rohingya, maka hasil pengumpulan dana yang kami lakukan mulai sekarang ini, semuanya nanti akan kami serahkan ke lembaga penyalur resmi, biar bantuan teman-teman sampai,” kata Halili.(Surya/Muchsin)

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help