TribunJatim/

Enam Desa Kering Kritis Digerojok 36 Ton Liter Air Bersih

Pemkab Bangkalan mengirimkan enam tangki berkapasitas total 36 ton liter air bersih ke enam desa berstatus kering kritis di Kecamatan Kokop, Senin (1

Enam Desa Kering Kritis Digerojok 36 Ton Liter Air Bersih
TribunJatim/Didik Mashudi
Mobil tangki Air bersih 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Pemkab Bangkalan mengirimkan enam tangki berkapasitas total 36 ton liter air bersih ke enam desa berstatus kering kritis di Kecamatan Kokop, Senin (11/9/2017).

Enam tangki berkapasitas masing-masing 6.000 liter itu bertolak dari Pendapa Agung Bangkalan.

Bupati Bangkalan RK Moh Makmun Ibnu Fuad (Momon) mengungkapkan, pendistribusian air bersih itu merupakan bentuk perhatian pemkab terhadap desa terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

"Saya perintahkan semua instansi terkait, PDAM, Dinas Sosial, dan BPBD memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk membantu warga," singkat Momon usai memberangkatkan enam tangki tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan Rizal Morris menjelaskan, pendistribusian air bersih ke desa terdampak kekeringan sekaligus merubah status darurat kekeringan menjadi tanggap darurat kekeringan.

"Total desa berpotensi terdampak kekeringan di 18 kecamatan berjumlah 79 desa. Sementara 30 desa di 12 kecamatan berstatus desa kering kritis," jelas Rizal.

Enam desa di Kecamatan Kokop penerima bantuan air bersih itu yakni Desa Tramok, Desa Lembung Gunong, Desa Katol Timur, Desa Manoan, Desa Bandasoleh, dan Desa Amparaan.

Rizal menambahkan, pendistribusian air bersih ke desa-desa berstatus kering kritis akan terus berlanjut sesuai jadwal yang telah disusun.

"Bagi desa yang belum terjangkau, akan diupayakan dari pihak ketiga atau dari APBD Provinsi Jatim. Karena keterbatasan anggaran kamu," pungkasnya.

Kering kritis adalah status desa dengan klasifikasi warga harus menempuh jarak 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Sedangkan debit air tidak mampu mencukupi minimal 50 kepala keluarga. (Surya/Ahmad Faisol)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help