TribunJatim/

Rohingya Bukan Konflik Agama, Forum Lintas Agama Jombang Sepakat Kirim Bantuan Kemanusiaan

Forum Lintas Agama Jombang bersepakat, tragedi kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingya, di Myanmar, bukanlah konflik agama.

Rohingya Bukan Konflik Agama, Forum Lintas Agama Jombang Sepakat Kirim Bantuan Kemanusiaan
Surya/Sutono
Forum Lintas Agama membulatkan tekad untuk membantu muslim Rohingya dengan mengirim bantuan kemanusiaan, bukan bantuan tentara (milisi).( 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Forum Lintas Agama Jombang bersepakat, tragedi kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingya, di Myanmar, bukanlah konflik agama.

Karena itu forum berharap tragedi kemanusiaan yang menyita perhatian dunia itu segera berakhir. Selain itu, forum sepakat, yang diperlukan para etnis Rohingya bukan kehadiran pejuang jihad atau milisi, melainkan bantuan kemanusiaan dan finansial.

Itulah kesimpulan dari diskusi Forum Lintas Agama Jombang yang digelar di kediaman Zahrul Azhar As'ad atau Gus Hans, pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Rejoso, Kecamatan Peterongan, Senin (11/9/2017).

Hadis dalam diskusi kecil namun serius itu perwakilan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, serta Budha. Hadir pula, perwakilan dari organisasi mahasiswa PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), serta INTI (Indonesia Tionghoa).

Subiyanto Yap, pendeta agama Budha mengaku prihatin dengan tragedi kemanusiaan di Myanmar. Subiyanto memastikan persoalan tersebut bukanlah konflik agama. Pasalnya, ajaran Budha hanya mengajarkan cinta kasih dan kebenaran.

"Inti ajaran Budha itu mengajarkan kebaikan. Tidak ada perbedaan yang memicu pertikaian. Tidak boleh berbuat jahat, perbanyak kebaikan," ujar pendeta Agama Budha dari Vihara Trowulan, Mojokerto, namun melayani umat Budha di Jombang ini.

Namun Subiyanto Yap enggan menjelaskan secara panjang lebar tentang konflik apa yang membuat etnis Rohingya ditindas tersebut.

"Maaf, detailnya saya kurang paham, muatan apa yang ada dalam konflik itu. Yang pasti, agama Budha tidak mengajarkan kebencian dan kejahatan. Budha mengajarkan cinta kasih antarsesama," ujarnya.

Gus Hans, penggagas acara mengungkapkan, digelarnya acara tersebut untuk melokalisasi isu Rohingya. Yakni, menegaskan tragedi kemanusiaan Rohingya bukanlah konflik agama.



Selain itu juga meminta penjelaskan dari tokoh agama Budha tentang ajaran-ajarannya.

"Ini untuk meyakinkan masyarakat, Rohingya adalah masalah bersama. Jangan diarah-arahkan ke masalah agama maupun politik," ujar Gus Han usai acara.

Usai pertemuan, Forum Lintas Agama juga sepakat menggalang bantuan kemanusiaan untuk Rohingya. "Ini sekaligus untuk menegaskan, Rohingya bukan hanya masalah agama Islam. Tapi masalah kita bersama," pungkas Gus Hans.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help