TribunJatim/
Home »

Jatim

Banyak Ilalang Alami Terbakar, Begini Imbauan Kepala BPBD Jawa Timur

Seringkali terjadi kebakaran ilalang di sejumlah wilayah pada Provinsi Jawa Timur, sehingga memicu dampak yang cukup membahayakan.

Banyak Ilalang Alami Terbakar, Begini Imbauan Kepala BPBD Jawa Timur
ISTIMEWA
Ilustrasi kebakaran hutan yang terbakar saat musim kemarau 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Adeng Septi Irawan

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Seringkali terjadi kebakaran ilalang di sejumlah wilayah pada Provinsi Jawa Timur, sehingga memicu dampak yang cukup membahayakan bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitarnya.

Musim kemarau menjadi faktor penyebab utama kebakaran ilalang tersebut. Karena kondisi rumput yang mengering akibat tiada air.

Beberapa wilayah baik kota maupun desa tak luput dari kejadian semacam ini, mulai dari kebakaran savana di gunung Bromo hingga kebakaran ilalang di Surabaya mewarnai.

Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di daerah sekitar ilalang untuk tidak membakar sesuatu.

"Jangan sampai ada pembakaran, kalau pun ada nyala api harus dijaga supaya tidak merembet ke mana-mana," ujarnya saat dihubungi TribunJatim.com, Selasa (12/9/2017).

Musim kemarau biasanya banyak rumput ilalang yang kering, lanjutnya, sehingga ketika ada api secara otomatis akan merambat kemana-mana sehingga menjadi besar.

Tentu dengan api yang semakin besar akibat kebakaran ilalang bisa menyebar kemana-mana bahkan tak jarang sampai ke rumah warga sekitar.

Karena itu dia menginginkan agar setiap warga di daerah rawan terjadi kebakaran perlu waspada.

"Ya warga juga harus waspada, jangan sampai teledor intinya, karena saat ini sangat rawan terjadi kebakaran," tambahnya

Sinergi dalam mengatasi kebakaran, menurutnya bukan hanya tugas pemerintah saja melainkan warga juga harus ikut serta dalam mengatasinya.

Penulis: Adeng Septi Irawan
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help