TribunJatim/

17 Domba Milik Pak Kasun Karangploso Malang Mati Secara Misterius

17 domba milik Muhammad Efendi (46) mati secara misterius. Sementara dua lainnya luka parah. Muhammad Efendi adalah Kepala Dusun Ketangi, Desa Karang

17 Domba Milik Pak Kasun  Karangploso Malang  Mati Secara Misterius
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
17 Domba di Kabupaten Malang ditemukan mati dengan luka menganga pada Rabu (13/9/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG -

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - 17 domba atau kambing milik Muhammad Efendi (46) mati. Sementara dua lainnya luka parah. Muhammad Efendi adalah Kepala Dusun Ketangi, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kematian sejumlah dombanya itu masih menjadi tanda tanya karena belum diketahui siapa pelakunya.

Efendi merupakan orang pertama yang mengetahui kalau 19 domba atau kambingnya menjadi korban. Ia menceritakan, malam sebelumnya sempat memberi makan domba sekitar pukul 19.30 wib.

Namun paginya ia dikagetkan oleh sejumlah domba atau kambingnya tergelatak tak berdaya di luar kandang. Ada satu domba mati yang lokasinya sekitar 20 meter dari kandang.

“Pagi pukul 5.30 mau saya kasih makan, tahu-tahu sudah mati semua di luar kandang,” ujarnya.

Efendi menduga hewan piarannya itu mati akibat dimangsa hewan buas. Itu berdasarkan temuan bekas cakaran dan jejak di tanah. Kondisi domba yang mati sebagian besar mengalami luka pada leher.

Domba atau kambing yang mati adalah domba yang sedang hamil. Selain itu, juga terdapat luka cakaran di perut domba sehingga mengakibatkan ususnya terurai. Efendi bertanya-tanya bagaimana caranya pemangsa mengeluarkan domba dari dalam kandang. Ia juga merasa aneh karena tidak ada satu domba pun yang dimakan.

“Kebanyakan leher yang dimangsa. Anehnya juga tidak ada yang dimakan habis,” katanya, Rabu (13/9/2017).

Sebelum peristiwa, ada 28 domba di kandang Efendi. Akibat peristiwa itu, Efendi mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta.

Petugas Teknis Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Subono, memberikan pertolongan dua domba yang selamat. Dau domba yang selamat itu mengalami luka cakaran di paha. Subono juga memberikan minum air gula agar kondisi domba kembali fit.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help