TribunJatim/

Warga Magetan Galang Dana Untuk Muslim Rohingya, Ini Hasilnya

Kepedulian warga masyarakat Magetan kepada penderitaan warga Rohingya, Myanmar sangat tinggi.Antusiasme warga saat penghimpunan dana yang dilakukan a

Warga Magetan Galang Dana Untuk Muslim Rohingya, Ini Hasilnya
Surya/Doni Prasetyo
Dua anak usia sekolah dasar ini dengan sukarela menjadi penghimpun dana dari warga masyarakat Magetan yang akan disumbangkan kepada warga Rohingya, Myanmar, Rabu (13/9/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Kepedulian warga masyarakat Magetan kepada penderitaan warga Rohingya, Myanmar sangat tinggi.Antusiasme warga saat penghimpunan dana yang dilakukan aktivis Lazizmu dan Pemuda Muhammadiyah setempat patut diacungi jempol.

"Ini mengagumkan, hanya dalam waktu kurang lebih tiga jam, bisa terkumpul dana dari warga masyarakat pengguna jalan di wilayah kota Magetan, sebesar Rp 10.015.500," ujar aktivis Lazizmu Udin Fanani kepada Surya, Rabu (13/9/2017).

Menurut Udin, uang yang terkumpul sebesar itu dihimpun di tiga titik jalan protokol di Kabupaten Magetan. Ketiga titik itu, yakni di perempatan Pasar Sayur, Perempatan Pasar Baru dan pertigaan lampu merah seputar alun alun setempat.

"Lazizmu sebagai lembaga Zakat, Infak Muhammadiyah memanfaatkan sumber daya yang ada, bisa mengunpulkan dana untuk saudara kita di Rohingya. Mudah mudahan di sisa hari tenggat waktu ini, target bantuan kita bisa terpenuhi,"ujarnya.

Diluar penggalangan umum ini, tambah Udin Fanani, Lazizmu Magetan sudah mengumpulkan dana sebesar Rp Rp 43.545.000 dan ini diperkirakan sudah bertambah lagi.

"Dari dana yang terkumpul itu, kini sudah bertambah lagi. Tapi jumlah terakhir dana yang terkumpul belum kami terima. Ini masih ada waktu beberapa hari sebelum dikirimkan ke Lazizmu Provinsi di Surabaya,"ujar Udin.

Baca: Diserang Kutu Kebul, Petani Garbis di Sekaran dan Karanggeneng Lamongan Gagal Panen

Dijelaskan Udin, Muhammadiyah menunjuk Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai koordinator aliansi kemanusian untuk Rohingya, Myanmar itu, ditaggetkan dana yang akan disumbangkan bisa mencapai Rp 20 miliar untuk Muhammadiyah se Indonesia.

"Selain penggalian dana dari umum dan interen Muhammadiyah, uang infak masjid Muhammadiyah se Indonesia, mulai Jumat (8/9) wajib disetorkan ke koordinator daerah, selanjutnya diserahkan untuk warga Rohingya, Myanmar,"kata Udin Fanani.


Untuk daerah, tambah Udin, diberi waktu dua minggu untuk melakukan pengumpulan dana bagi warga Rohingya, Myanmar ini. Karena secepatnya dana itu akan diserahkan langsung ke koordinator peduli warga masyarakat Rohingya.

"Mudah mudahan amal kebaikan warga Magetan dicatat Allah SWT dan kelak mendapat balasan setimpal,"tandas Udin Fanani. (Surya/Doni Prasetyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help