TribunJatim/

Dikira Kena Sanksi Disiplin, Polantas Malah Spontan Lakukan Aksi ini di Halaman Masjid

Aksi polisi lalu lintas yang tak terduga di pagi hari membuat kaget masyarakat dan warga yang usai menunaikan ibadah salat subuh.

Dikira Kena Sanksi Disiplin, Polantas Malah Spontan Lakukan Aksi ini di Halaman Masjid
SURYA/DONI PRASETYO
Para Polantas saat ikut bersih bersih halaman Masjid Agung Baitussalam, Magetan, usai salat Subuh, Minggu (17/9/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Saat matahari belum bersinar, sejumlah Polisi Lalu Lintas (Polantas) terlihat spontan membantu membersihkan lingkungan Masjid Agung Baitussalam, Magetan, Minggu (17/9/2017).

Itu dilakukan para Polantas, usai mereka menunaikan salat Subuh di masjid tersebut. 

Awalnya Surya mengira para Polantas itu sedang menjalani sanksi disiplin dari atasannya.

Tapi setelah diamati, mereka turun dan bergabung ikut bersih-bersih masjid sesaat usai menunaikan salat jamaah Subuh.

"Spontan aja, kami selesai salat Subuh, bantu bantu bersihkan lingkungan Masjid Agung. Ini juga olahraga, sebelum aktivitas kembali ke pos jaga masing masing," kata Komandan Pos Stadion Yoso Negoro, Magetan Iptu Suyatno kepada Surya.

Menurut Iptu Suyatno, membantu bersih-bersih hampir setiap waktu, karena Pos Lantas Pasar Baru yang lokasinya hanya sekitar 50 meter dari Masjid Agung Batussalam ini, sehingga banyak anggota yang menunaikan salat lima waktu di masjid itu.

"Otomatis, kalau ada yang bersih-bersih, seusai salat, anggota tidak ada yang menyuruh langsung ambil sapu, bersama sama takmir masjid setempat, membersihkan masjid dan halamannya," jelas mantan anggota Sabhara ini.

Dikatakannya, menjelang hari Polantas, ada rencana akan melakukan bakti sosial (baksos) membersihkan tempat ibadah, tidak hanya masjid. Namun masih akan dikoordinasikan dengan pimpinan setempat.

"Karena kebiasaan kita nembantu bersih bersih ini, ada ide diperingatan hari Polantas, kita akan melakukan baksos ke tempat ibadah untuk membantu bersih bersih. Tapi rencana ini belum dilaporkan kepada pimpinan kami," kata Iptu Suyatno.

Setiap hari, lanjut Suyatno, paling tidak ada lima sama tujuh anggota Polantas yang menunaikan salat ke Masjid Agung Baitussalam, terutama saat salat Subuh.

Jumlah itu yang mejalankan piket dan akan berganti dengan regu lainnya sekitar pukul tujuh.

"Mudah mudahan niat kita baksos dihari Polantas ini bisa disetujui pimpinan. Baksos kita akan menerjukan penuh personil di Pos Lantas Stadion Yoso Negoro dan Pos Lantas Pasar Baru," ujar Iptu Suyatno. (Surya/Doni Prasetyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help