TribunJatim/
Home »

Jatim

Pemagaran Kolam Taman Pecut Kota Blitar Tunggu PAK

Selesai membangun saluran air dan trotoar, Pemkot Blitar berencana memagar kolam air di Taman Pecut Merdeka.

Pemagaran Kolam Taman Pecut Kota Blitar Tunggu PAK
SURYA/SAMSUL HADI
Pengunjung bermain di sekitar air mancur di Taman Pecut Merdeka, Kota Blitar, Rabu (5/7). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Selesai membangun saluran air dan trotoar, Pemkot Blitar berencana memagar kolam air di Taman Pecut Merdeka.

Anggaran pembangunan pagar kolam air di Taman Pecut menunggu perubahan APBD 2017 ini.

"Anggarannya kami usulkan di PAK ini. Kami masih menghitung nilai anggaran untuk pemagaran kolam di Taman Pecut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi, Kamis (21/9/2017).

Pemagaran kolam air di taman perlu untuk menjaga keselamatan pengunjung. Sebab, di sekitar kolam terdapat kabel listrik yang digunakan untuk menyalakan air mancur dan lampu.

Hasil evaluasi DLH, selama ini masih banyak pengunjung yang memanjat dinding kolam. Dengan dibangun pagar, pengunjung tidak bisa lagi mendekat atau memanjat dinding kolam.

"Perkiraan anggaran pemagaran kolam air tidak sampai Rp 500 juta. Kami masih minta tolong konsultan untuk menghitungnya," ujar Pande.

Dikatakannya, secara bertahap, DLH terus memperbaiki fasilitas di Taman Pecut Merdeka. Terakhir, Pemkot selesai membangun saluran air dan trotoar di taman itu.

Selanjutnya, Pemkot akan memagar kolam air di taman. Setelah itu, Pemkot juga berencana membuat tempat duduk di seberang taman atau di Alun-alun sisi selatan bagian timur. Pagar Alun-alun akan dibongkar dan dimundurkan sekitar enam meter. Lalu, Pemkot menambah tempat duduk di lokasi.

"Kami juga berencana mengganti patung pecut. Patung yang lama akan dipindah ke Sport Center. Menurut Wali Kota, patung yang sudah terpasang ini bentuknya kurang artistik," kata Pande.


Sekadar diketahui, Taman Pecut Merdeka baru diresmikan pada 22 Juni 2017 atau sebelum Lebaran. Taman ini dibangun dengan anggaran mencapai Rp 8,2 miliar. Taman Pecut dilengkapi dengan air mancur menari dan permainan lampu. Pemkot berharap, Taman Pecut bisa menjadi ikon baru di Kota Blitar. (Surya/ Samsul hadi)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help