TribunJatim/

Polisi Bantu Warga Pasang Banner Larangan Tambang Pasir Liar di Kunjang Kediri

warga yang menolak adanya aktivitas tambang pasir itu membuat pihak kepolisian mulai melakukan langkah preventif.

Polisi Bantu Warga Pasang Banner Larangan Tambang Pasir Liar di Kunjang Kediri
Surya/Mohammad Romadoni
Polisi Polsek Pagu bersama perangkat Desa Kayenkidul memasang banner larangan tambang pasir liar. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Gejolak perseteruan antara warga dengan pihak pengelola tambang pasir di lokasi Rolak 70, Desa Juwet, Pare Lor, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri mulai menjadi perbincangan hangat dikalangan kalayak umum.

Menindaklanjuti protes warga yang menolak adanya aktivitas tambang pasir itu membuat pihak kepolisian mulai melakukan langkah preventif.

Tak ingin kejadian itu terjadi di wilayahnya, Kepolisian Sektor (Polsek) Pagu turun ke lapangan untuk mencegah adanya praktik penambangan pasir secara ilegal di aliran sungai Dusun Jegles, Desa Kayenkidul.

Kapolsek Pagu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bowo Wicaksono mengatakan pihaknya telah berkerjasama dengan perangkat desa setempat untuk menekan adanya potensi kegiatan penambangan pasir liar yang ada di wilayah Kecamatan Pagu.

Untuk itu, kata Bowo, pihaknya berinisiatif memasang banner yang bertuliskan larangan penambangan liar di sepanjang sungai Jegles.

"Ingat, penambangan pasir secara ilegal dapat merusak lingkungan dan bisa dipidana sesuai UU Nomer 4 Tahun 2009 tentang Minerba," tutur AKP Bowo Wicaksono dijumpai SURYA di lokasi, Selasa (10/10/2017).

Baca: Proyek Pengerukan Pasir di Rolak 70 Kunjang Kediri Protes Ratusan Warga, Masalahnya ini . . .

Bowo menegaskan pihaknya bakal mengambil langkah tegas apabila ada tambang pasir liar di wilayah hukum Polsek Pagu.

"Saat ini kami turun ke lapangan untuk sosialisasi terkait imbauan larangan tambang pasir liar," jelas Bowo.

Dari pantauan di lapangan polisi dibantu perangkat desa dan warga setempat memasang banner di pohon-pohon persis dipinggir aliran sungai Jegles.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli dengan kondisi alam dan ikut aktif menjaga lingkungan.

"Semuanya ini demi kebaikan bersama. Jadi kami berharap agar warga dapat saling bekerjasama menjaga lingkungan untuk tidak melakukan penambangan pasir liar di area ini," imbuh mantan Kasubbag Humas Polres Kediri ini. (Surya/ Mohammad Romadoni).

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help