TribunJatim/

Proyek Pengerukan Pasir di Rolak 70 Kunjang Kediri Protes Ratusan Warga, Masalahnya ini . . .

Sikap semena-mena dari pihak pengelola proyek pengerukan pasir di lokasi Rolak 70 menuai protes dari warga Desa Juwet

Proyek Pengerukan Pasir di Rolak 70 Kunjang Kediri Protes Ratusan Warga, Masalahnya ini . . .
Surya/Mohammad Romadoni
Warga membawa spanduk dari kertas karton berisi tuntutan ketika menduduki lokasi Rolak 70 yang dikelola oleh CV Adi Djojo. Mereka menolak adanya aktivitas penambangan pasir karena merusak lingkungan. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sikap semena-mena dari pihak pengelola proyek pengerukan pasir di lokasi Rolak 70 menuai protes dari warga Desa Juwet, Pare Lor, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri.

Warga setempat geram oleh tingkah laku pihak pengelola yang dirasa seenaknya sendiri lantaran beraktivitas mengeruk pasir tanpa memperdulikan dampak lingkungan yang ada di sekitar.

Puncaknya, warga yang didominasi para petani itu menggeruduk dan menduduki lokasi di area proyek, Senin (9/10/2017). Mereka menggelar aksi unjuk rasa sembari berorasi menolak adanya aktivitas penambangan pasir di desa setempat.

Massa sempat mengamuk menuntut agar aktivitas pengerukan pasir oleh pihak pengelola dihentikan. Bahkan, mereka berteriak melalui pengeras suara yang ada di atas pikap hijau itu meminta pihak kepolisian Polres Kediri untuk menegakkan hukum yakni menutup area tambang pasir ini.

Baca: BREAKING NEWS : Ratusan Tukang Becak Demo di Balai Kota Kediri, Ini Tuntutannya

Puluhan personel Polres Kediri tampak berjaga di area tambang pasir itu. Pihak perwakilan pengelola yang ada di tempat itu akhirnya menghentikan aktivitasnya dan memindahkan alat berat yang dipakai untuk mengeruk pasir ke luar lokasi.

Kabag Ops Polres Kediri, Kompol Irpan mengatakan kedua belah pihak antara penambang pasir dan perwakilan warga telah dimediasi di Polres Kediri.

"Intinya dari mediasi perwakilan warga minta penjelasan proses perijinan, managemen dan akan minta salinan seluruh dokumen perizinan itu," tutur Kompol Irpan kepada Surya, Selasa (10/10/2017).

Irpan menjelaskan pihaknya belum dapat memastikan terkait penutupan sementara penambangan pasir di Rolak 70. Sebab, sudah ada otoritas lain yang berwewenang mengatur proses perizinan tambang pasir itu. (Surya/ Mohammad Romadoni)

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help