TribunJatim/
Home »

Jatim

Pilgub Jatim 2018

PKB Bantah Sengaja Keluarkan Rekom Cagub Jatim untuk Gus Ipul Hampir Bersamaan Deklarasi PDIP

Surat Keputusan pencalonan gubernur DPP PKB kepada Gus Ipul telah resmi turun sejak Kamis (5/10/2017).

PKB Bantah Sengaja Keluarkan Rekom Cagub Jatim untuk Gus Ipul Hampir Bersamaan Deklarasi PDIP
TRIBUNJATIM.COM/ADENG SEPTI IRAWAN
Gus Ipul saat menerima Surat Keputusan dari DPP PKB perihal pencalonan gubernur Jatim 2018 di Novotel, Surabaya, Rabu (11/10/2017). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Adeng Septi Irawan

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Surat Keputusan pencalonan Gubernur Jawa Timur dari DPP PKB kepada Saifullah Yusuf telah resmi turun sejak Kamis (5/10/2017).

Namun surat bernomor 23947/DPP-03/VI/A.1/X/2017 tentang Saifullah Yusuf sebagai Calon Gubernur Provinsi Jatim dari PKB pada Pilgub Jatim 2018 baru diserahkan pada Rabu (11/10/2017).

Padahal, surat itu sudah dibuat sejak enam hari yang lalu dan telah ditandatangani oleh Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan Sekretaris DPP PKB Abdul Kadir Karding.

Akibatnya, muncul dugaan adanya spekulasi bahwa PKB sengaja mengeluarkan surat keputusan cagub hampir bersamaan dengan PDIP yang akan melakukan deklarasi cagub cawagub pada Minggu (15/10/2017).

Tapi, Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar membantah adanya dugaan kesengajaan skema tersebut.

"Saya tidak tahu yang pasti rekomendasi ini tertanggal 5 Oktober jadi sudah lama sebenarnya," kata Gus Halim sapaan akrabnya di Novotel Surabaya Hotel.

Mestinya, kata dia, rekomendasi calon gubernur itu turun tanggal 6 Oktober, akan tetapi karena banyak agenda akhirnya baru bisa muncul sekarang surat rekomendasi tersebut.

"Ini kaitannya dengan verifikasi, ini kan lagi repot-repotnya jelang Pileg 2019, partai lagi repot itu alasannya," ujar Halim Iskandar.

Dia menampik adanya kesepakatan partai untuk mengeluarkan rekomendasi calon gubernur hampir bersamaan dengan PDIP, atau tepatnya beberapa hari sebelum partai berlambang moncong putih ini melakukan deklarasi cagub cawagub.

"Itu tidak benar, kita keluarkan rekom bukan karena itu," kata Gus Halim yang juga Ketua DPRD Jatim ini.

Halim yang juga merupakan kakak kandung Ketua DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar, ini mengaku waktu mengeluarkan rekomendasi cagub disesuaikan dengan keadaan longgarnya partai.

"Sekarang kan lagi longgar sekalian ada acara konsolidasi partai hadapi Pileg, ya kami manfaatkan untuk memunculkan rekomendasi cagub Jatim sekalian," ucapnya.

Penulis: Adeng Septi Irawan
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help