TribunJatim/
Home »

Jatim

Pelajar MAN Lamongan Juara 1 Entrepreneurship Olympiade Lewat Inovasi Mie Instan Vanna-Mie

"Dua hal ini yang menginspirasi kami berinovasi dengan membuat mie berbahan dasar udang Vanamei dengan nama Vanna-Mie

Pelajar MAN Lamongan Juara 1 Entrepreneurship Olympiade Lewat Inovasi Mie Instan Vanna-Mie
Surya/Hanif manshuri
Tiga pelajar MAN, Indah Wahyuningsih AS, Tiraihana Tsafiqah Phaesaloka dan Jihan Rafifah Mahdiyah saat mendemokan pembuatan mie instan berbahan dasar udang Vanamei, 

 TRIBUNJATIM.COM,LAMONGAN - Inovasi dan kemampuan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak di Lamongan, Jawa Timur tidak hanya ada pada pelajar yang lembaga pendidikannya di bawah naungan Kemendiknas.

Para pelajar yang menuntut ilmu di sekolah naungan Kemenag juga menunjukkan kemampuan yang sama, seperti apa yang dilakukan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan ini.

Bahkan hasil karyanya mampu meraih juara satu dalam Entrepreneurship Olympiade 2017.

Terinspirasi Lamongan sebagai penghasil ikan budidaya di tambak, tiga pelajar, Indah Wahyuningsih AS, Tiraihana Tsafiqah Phaesaloka dan Jihan Rafifah Mahdiyah ini membuat salah satu olahan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat luas, yaitu mie instan dengan bahan bakunya adalah udang Vanamei.

Inilah yang dilakukan oleh para pelajar Lamongan ini, merasa udang jenis Vanamei berlimpah di wilayahnya.

Apa yang dilakukan oleh para pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan ini patut dibanggakan.
Mereka berinovasi dengan membuat mie instan berbahan dasar udang Vanamei yang mereka beri nama 'Vanna-Mie'.

Tiga pelajar MAN Lamongan yang berinovasi dengan bahan udang yang merupakan temuan pengolahan mie instan kombinasi daging udang dengan modern extruction technology.

Mereka mengkreasi mie instan baru berbahan udang untuk mewujudkan pola konsumsi pangan aman dan sehat, tanpa kesulitan mencari bahan bakunya.

Salah seorang pelajar MAN Lamongan, Jihan kepada Surya yang menemuinya, Selasa (10/10/2017) mengungkapkan, di Lamongan udang Vanamei sangat melimpah lantaran petambak banyak beralih ke budidaya ikan Vanamei dalam beberapa tahun tetakhir ini.

Dari budidaya semula ikan bandeng dan tombro dan kini Vanamei sangat mudah didapatkan di Lamongan.
Mengenai mie instan, Jihan mengaku kalau berdasarkan data World Instant Noodles Association (WINA), Indonesia adalah termasuk pengonsumsi mie instant terbesar nomor dua di dunia setelah Jepang.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help