TribunJatim/

Pendidikan Kejuruan Solusi Jatim Mandiri

Karena di tengah dinamika permintaan global yang melambat, Jawa Timur masih tumbuh lebih cepat dari nasional.

Pendidikan Kejuruan Solusi Jatim Mandiri
Surya/Didik Mashudi
Peserta upacara memperingati HUT Provinsi Jatim ke 72 di Balai Kota Kediri, Kamis (12/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Peningkatan sumber daya manusia lewat pendidikan kejuruan sebagai solusi menuju Jawa Timur mandiri dan berdaya saing global.

Masalah ini jadi tema upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 72 di halaman Balai Kota Kediri, Kamis (12/10/2017).

Upacara dipimpin Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah. Turut hadir Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Forkopimda Kota Kediri, dan peserta upacara dari pelajar, mahasiswa, ASN Pemerintah Kota Kediri, TNI dan Polri.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang dibacakan Lilik Muhibbah mengatakan, sesuai tema Hari Jadi Provinsi Jawa Timur menjadi tekad dan semangat membangun ekonomi berbasis SDM dengan fokus pada segmen UMKM.

Semangat dan tekat ini sangat relevan dengan persoalan dan tantangan Jawa Timur kedepan yaitu bonus demografi yang akan terjadi pada 2019. Dengan jumlah usia produktif mencapai 69,59 persen sedangkan nasional baru terjadi 2025.

Lebih lanjut, Ning Lik mengatakan pertumbuhan ekonomi semester I tahun 2017 mencapai 5,21 persen lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen.

Karena di tengah dinamika permintaan global yang melambat, Jawa Timur masih tumbuh lebih cepat dari nasional.

Tantangan bonus demografi serta kondisi ketenagakerjaan di Jawa diperlukan kebijakan prioritas melalui dual track strategi, yaitu strategi formal dan non formal tidak hanya penempatan SDM di dunia kerja namun menciptakan wirausaha yang punya daya saing menguasai pasar dalam negeri maupun pasar global.


Diingatkan ada faktor non ekonomi yang sangat menentukan dan menjadi prasyarat penting yaitu aman dan nyaman.

Karena ekonomi itu persepsi, maka dibutuhkan situasi dan kondisi yang kondusif untuk setiap pelaku ekonomi di bumi Jawa Timur. (Surya/Didik Mashudi)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help