TribunJatim/
Home »

Jatim

Plengsengan Jembatan Keningaran Blitar Ambrol Langsung Diperbaiki

Talud atau plengsengan jembatan Keningaran, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, yang ambrol langsung diperbaiki

Plengsengan Jembatan Keningaran Blitar Ambrol Langsung Diperbaiki
Surya/ Samsul hadi
Sejumlah pekerja terlihat membangun ulang pondasi talud atau plengsengan jembatan Keningaran, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, yang ambrol, Kamis (12/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Talud atau plengsengan jembatan Keningaran, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, yang ambrol langsung diperbaiki, Kamis (12/10/2017).

Bangunan talud itu masih dalam perawatan rekanan yang mengerjakan proyek pelebaran jembatan.

Pantauan di lokasi, sejumlah pekerja terlihat mulai membangun ulang pondasi plengsengan yang ambrol. Material pasir, batu, dan semen juga sudah didatangkan di lokasi. Terlihat ada sekitar lima pekerja yang membangun ulang plengsengan yang ambrol.

“Mulai hari ini langsung kami bangun lagi. Bangunan ini masih dalam perawatan rekanan. Kalau cuaca bagus, perkiraan proses perbaikan selesai dalam seminggu,” kata pelaksana proyek, Wagianto ditemui di lokasi.

Dia mengatakan penyebab ambrolnya plengsengan karena gerusan air hujan. Air hujan dari perkampungan penduduk mengalir lewat sela-sela plengsengan menuju ke sungai.

Saluran air di perkampungan penduduk buntu. Derasnya air menggerus bangunan plengsengan. Apalagi bangunan itu masih baru sekitar lima bulan.

“Tanah uruknya juga belum padat, jadi masih mudah longsor saat tergerus air hujan. Ini namanya bencana alam. Meski bangunannya sudah kuat kalau melawan alam pasti kalah,” ujar Wagianto.

Selain itu, kata Wagianto, kondisi pipa PDAM dan pipa kabel telkom di lokasi juga mempengaruhi kekuatan bangunan plengsengan. Posisi pipa PDAM dan pipa kabel telkom berada di dalam bangunan plengsengan. Menurutnya, posisi pipa itu membuat material bangunan tidak melekat secara maksimal.

“Makanya kami nanti meminta PDAM dan Telkom agar memindah posisi pipa di luar bangunan plengsengan. Agar materialnya bisa melekat kuat,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, plengsengan jembatan Keningaran, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, yang berada di jalur utama Malang-Blitar ambrol.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help