TribunJatim/

Rambut Anda Rontok, Cobalah Terapi Plasma Darah, Dijamin Tokcer

Rambut ibaratnya adalah sebuah mahkota yang butuh perhatian dan penanganan khusus bila sedang ada masalah dengan rambut.

Rambut Anda Rontok, Cobalah Terapi Plasma Darah, Dijamin Tokcer
SURYA/WIWIT PURWANTO
dr Ellen Sidowati, SpKK dari Skin A Dermatology & Aesthetic Clinic saat merawat rambut rontok di kliniknya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Rambut ibaratnya adalah sebuah mahkota yang butuh perhatian dan penanganan khusus bila sedang ada masalah dengan rambut.

Kerontokan rambut pada pria atau wanita adalah sesuatu yang jamak terjadi, pada batas tertentu kerontokan ini masuk dalam kategori normal.

Tapi jika rontok ini berlebihan maka butuh penanganan ekstra sebelum mahkota ini benar benar kehilangan keindahannya.

dr Ellen Sidowati, SpKK dari Skin A Dermatology & Aesthetic Clinic menjelaskan penyebab kerontokan rambut bisa disebabkan banyak faktor.

Faktor genetik misalnya karena kekurangan gizi, vitamin terutama B 12, asam folat, D dan biotin.

"Kekurangan mineral juga bisa terutama zat besi, zincum dan protein.Faktor lainnya adalah stres psikis, trauma fisik, penyakit kulit tertentu dan faktor yang belum diketahui secara medis," urainya, Kamis (12/10/2017).

Banyak terapi untuk mengatasi kerontokan rambut, salah satunya yang lagi tren adalah dengan menggunakan darah pasien itu sendiri atau dikenal dengan hair growth therapy (HGT).

Terapi HGT kata Ellen adalah terapi kerontokan rambut dengan menggunakan platelet rich plasma (PRP), adalah produk autolog dari tubuh sendiri.

"Berasal dari plasma darah yang mengandung konsentrasi platelet (trombosit) yang cukup tinggi," jelasnya.

Menurutnya platelet ini banyak mengandung faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin yang berperan penting dalam proses regenerasi jaringan baru termasuk rambut.

Halaman
123
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help