TribunJatim/

Waduh! Nyamuk Lebih Banyak Mematikan Manusia dari Hewan Buas, Yuk Cegah dengan 3M Plus, Apa Itu?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat selama 2016, di Jawa Timur telah terjadi 24.005 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Waduh! Nyamuk Lebih Banyak Mematikan Manusia dari Hewan Buas, Yuk Cegah dengan 3M Plus, Apa Itu?
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusumaningrum

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat selama 2016, di Jawa Timur telah terjadi 24.005 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dari 24.005 kasus DBD yang terjadi angka kematian cukup besar, yakni sebanyak 340 orang.

Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah dalam mencegah penyebaran penyakit oleh nyamuk, seperti Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus.

"Pengaruh iklim yang semakin panas menjadikan nyamuk sekarang berkembang biak dengan cepat," ujar Leonard Nainggolan dari Persatuan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi (PETRI) dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis (12/10/2017).

Leonard Nainggolan dari Persatuan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi (PETRI) dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis (12/10/2017)
Leonard Nainggolan dari Persatuan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi (PETRI) dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis (12/10/2017) (TRIBUNJATIM.COM/TRIANA KUSUMANINGRUM)

Karena nyamuk berkembang biak dengan cepat, bisa mengakibatkan semakin tingginya angka penderita penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Perlu diketahui, nyamuk tidak hanya mengakibatkan penyakit DBD tetapi juga berbagai penyakit yang membahayakan lainnya, seperti Malaria, Chikungunya, dan juga Zika.

Maka dari itu perlu diadakan sosialisasi berkelanjutan terhadap masyarakat mengenai bahaya yang disebabkan oleh nyamuk dan penanganannya.

Secara sederhana kita dapat melakukan pencegahan melalui 3M Plus.

"Kita bisa memasang kelambu, menyemprot pembasmi nyamuk dewasa, membersihkan tempat yang berpotesnsi sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk, dan lakukan pola hidup sehat dan bersih," tambah Leonard.

Perlu diketahui nyamuk adalah binatang penyebab kematian terbesar di dunia dengan kemampuannya untuk menularkan malaria dan penyakit lainnya.

"Nyamuk membunuh lebih banyak manusia dibandingkan binatang seperti, ular dan ikan hiu," tegasnya.

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help