TribunJatim/

Puluhan KPMD Probolinggo Ikuti Pelatihan Penggunaan DD, Tujuannya ini

pelatihan bagi KPMD ini sudah tercantum dalam RKA masing-masing desa di Kecamatan Gading.

Puluhan KPMD Probolinggo Ikuti Pelatihan Penggunaan DD, Tujuannya ini
Surya/Galih Lintartika
Paguyuban Kepala Desa (Kades) Kecamatan Gading memberikan pelatihan terhadap KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) di Pesanggrahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Jumat(13/10/2017). 

 TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur desa, Paguyuban Kepala Desa (Kades) Kecamatan Gading memberikan pelatihan terhadap KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) di Pesanggrahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jumat(13/10/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh 38 pengurus KPMD dari 19 desa yang ada di Kecamatan Gading. Masing-masing desa mengirimkan dua orang KPMD yang terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan.

Selama pelatihan, para pengurus KPMD ini mendapatkan materi penyuluhan hukum terkait penggunaan Dana Desa (DD) dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, bimbingan teknis pembuatan RAB dan desain gambar kegiatan dari Tim Ahli Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya itu, mereka pun mendapatkan bimbingan teknis alur penyesuaian Dana Desa dari Tim Ahli atau Pendamping Dana Desa Kabupaten Probolinggo.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Gading Timbul Sujatmoko mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sinergi dengan semua desa yang ada di Kecamatan Gading. Jadi desa tidak bisa mengerjakan sendiri-sendiri.

Kegiatan ini juga merupakan antisipasi penyalahgunaan penggunaan Dana Desa (DD) dan sebagainya.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini pengurus KPMD bisa lebih profesional dan paham mengenai tugasnya dalam menyerap aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada kepala desa.Harapannya, kepala desa bisa merumuskan aspirasi tersebut untuk dituangkan dalam RKA (Rencana Kegiatan Anggaran),” ungkapnya.

Menurut Timbul, pelatihan bagi KPMD ini sudah tercantum dalam RKA masing-masing desa di Kecamatan Gading. Sehingga anggaran pelaksanaan kegiatannya sinergi dengan semua desa.

“Selama ini, KPMD selain menyerap aspirasi masyarakat juga membantu kepala desa dalam membuat RKA. Serta membantu dalam pembuatan RAB dan desain gambar. Alhamdulillah, untuk di Kecamatan Gading KPMD ini sudah diberdayakan dengan baik dalam menyerap aspirasi masyarakat baik fisik maupun non fisik,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini, Kepala Desa Sentul ini mengharapkan agar para KPMD ini bisa membantu tugas kepala desa. Sebab semakin tahun tuntutan terhadap desa semakin tinggi. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan ketelitian kader agar semakin teliti dalam membuat perencanaan pembangunan.

Sementara Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda menyampaikan kegiatan pelatihan KPMD ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi perangkat desa dan masyarakat.

“Untuk pelatihan ini, desa sudah melakukan Musdes (Musyawarah Desa) dengan mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kapasitas aparat yang tercantum di masing-masing APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa),” katanya.



Lebih lanjut Syamsul memberikan apresiasi terhadap digelarnya pelatihan tersebut. Sebab hal ini untuk memberikan bekal peningkatan kompetensi kader yang diharapkan bisa membantu kepala desa dalam menyusun RKA yang tertuang dalam APBDes sampai pelaporannya.

“Kegiatan ini sangat positif sekali dalam meningkatkan SDM KPMD. Dimana desa membuat perencanaan hingga penganggarannya dalam APBDes. Karena Pemerintah Daerah tidak bisa membantu semuanya. Sehingga diharapkan ada inovasi dan kreasi dari masing-masing desa untuk meningkatkan kompetensi aparatur desanya,” pungkasnya. (Surya/Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help