TribunJatim/
Home »

Jatim

Tiga Puskesmas di Kota Blitar Belum Kantongi Akreditasi

"Sekarang kami sedang bersiapan menghadapi penilaian dan survei dari Kemenkes," kata Sunarko, Jumat (13/10/2017).

Tiga Puskesmas di Kota Blitar Belum Kantongi Akreditasi
TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Puskesmas 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Tiga Puskesmas di Kota Blitar belum mengantongi akreditasi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar baru mengusulkan tiga puskesmas itu untuk mendapatkan akreditasi tahun ini.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Blitar, Sunarko mengatakan sudah mengusulkan akreditasi puskesmas ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sesuai rencana, tim dari Kemenkes akan melakukan penilaian dan survei di Kota Blitar pada November ini.

"Sekarang kami sedang bersiapan menghadapi penilaian dan survei dari Kemenkes," kata Sunarko, Jumat (13/10/2017).

Dia mengatakan ada tiga Puskesmas di Kota Blitar. Ketiga Puskesmas itu di Kecamatan Kepanjenkidul, Sukorejo, dan Sananwetan. Dua dari tiga Puskesamas sudah memiliki pelayanan rawat inap. Satu Puskesmas yang belum memiliki pelayanan rawat inap di Kecamatan Sukorejo.

"Jumlah tenaga di tiap Puskesmas sekitar 60 orang. Mudah-mudahan tahun tiga puskesmas sudah mendapatkan akreditasi," ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 12 dari 24 Puskesmas di Kabupaten Blitar juga belum mengantongi akreditasi. Pada 2016 lalu, Dinkes Kabupaten Blitar mengajukan dua Puskesmas untuk mendapatkan akreditasi. Sedangkan tahun ini (2017), Dinkes hanya mengusulkan 10 Puskesmas.

"Masih ada 12 Pusmkesmas lagi yang belum kami ajukan mendapatkan akreditasi," kata Kepala Dinkes Kabupaten Blitar, Kuspardani.

Kuspardani mengatkan, 12 Puskesmas yang belum diusulkan mendapatkan akreditasi kondisinya memang belum siap. Terutama soal kebutuhan tenaga medis. Jumlah tenaga medis di 12 Puskesmas itu masih minim.

"Tenaga dokter, apoteker dan analis kesehatan di 12 Puskesmas itu masih minim," ujarnya.

Menurutnya, secara bertahap, Dinkes akan menambah sumber daya manusia di 12 Puskesmas itu. Harapannya, pada 2018, Dinkes bisa mengusulkan 12 Puskesmas lagi untuk mendapatkan akreditasi.

Dia menjelaskan, akreditasi penting untuk mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Posisi Puskesmas menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) bagi masyarakat.

"Harapannya, tahun depan, semua Puskesmas di Kabupaten Blitar sudah terakreditasi," katanya. (Surya/Samsul hadi)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: YONY iSKANDAR
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help