Pilgub Jatim 2018

Demokrat Tak Akan Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim, Ini Alasannya

Apalagi, selama dua periode berturut-turut, Demokrat telah menempatkan kadernya di pucuk pimpinan pemerintahan provinsi di Timur Jawa ini.

Demokrat Tak Akan Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim, Ini Alasannya
SURYA/BOBBY KOLOWAY
Saifullah Yusuf saat berbincang dengan Abdullah Azwar Anas di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Demokrat menyebut bahwa peluang bakal calon gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, untuk maju melalui partainya telah tertutup.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, ada sejumlah alasan yang membuat pihaknya tak akan mengusung figur yang kini masih menjabat Wakil Gubenrur Jatim ini.

Pertama, dengan adanya pengumuman pasangan calon gubernur-wakil gubernur, Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, maka Demokrat tak dapat lagi mengusulkan nama wakil gubernur.

Padahal, sebagai partai pemenang pemilu nomor empat di Jatim dengan kursi 13 kursi DPRD Jatim, Demokrat seharusnya menempatkan kadernya di posisi "Jatim dua".

"Demokrat yang memiliki kursi lebih dari separuh dari syarat pencalonan di KPU, seharusnya memiliki penawaran menarik dari cagub yang kami usung," tandas Renville pada acara diskusi politik Bincang Pilgub Jatim dalam Rangka Launching Konferwil ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Jatim IV di Surabaya, Senin (16/10/2017).

"Di antaranya, Wakil Gubernurnya harus merepresentasikan Demokrat," imbuhnya.

Dengan 13 kursi yang dimilikinya, Demokrat memang tinggal menambah tujuh kursi lagi dari partai koalisi untuk mendaftarkan calonnya secara resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sedangkan pasangan Gus Ipul-Anas bukanlah representasi dari Demokrat," ujar Renville.

Apalagi, selama dua periode berturut-turut, Demokrat telah menempatkan kadernya di pucuk pimpinan pemerintahan provinsi di Timur Jawa ini.

Adalah Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo, yang menjabat sebagai Gubernur Jatim dua periode berturut-turut.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved