TribunJatim/

Bhabinkamtibmas Digerakkan Turba Ikut Pelototi Dana Desa, ini Bidikannya

Polisi di lapangan langsung beraksi menindaklanjuti penandatangan nota kesepahaman antara Kapolri dengan Kemendes PDTT, mengawal dana desa.

Bhabinkamtibmas Digerakkan Turba Ikut Pelototi Dana Desa, ini Bidikannya
Ilustrasi Dana Desa. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Sebagai upaya preventif mencegah penyelewengan dana desa, Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus, memerintahkan seluruh Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di wilayah Polres Madiun untuk mengawasi alokasi Dana Desa di wil Kabupaten Madiun

"Hari ini seluruh anggota Bhabinkamtibmas dan seluruh Kapolsek saya panggil untuk apel. Intinya, menindaklanjuti penandatangan nota kesepahaman antara Kapolri dengan Kemendes PDTT, terkait dengan pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa," katanya, Kamis (26/10/2017).

Agus menuturkan, Bhabinkamtibmas akan melekat di tiap desa di Kabupaten Madiun untuk membantu kepala desa mempertanggungjawabkan dana desa secara efektif, efisien dan transparan.

Ia juga mengingatkan kepada anggotanya baik itu, Bhabinkamtibmas ataupun Kapolsek agar tidak menyalahgunakan tugas yang diberikan.

"Saya tekankan, agar tidak ada yang bermain di sini. Sanksinya tegas. Kalau ada Bhabinkamtibmas atau Kapolsek yang bermain terkait dengan dana desa akan saya tindak tegas," tegasnya.

Menurutnya, masing-masing Desa akan ditempatkan satu anggota Bhabinkamtibmas. "Satu desa satu Bhabinkamtibmas," jelasnya.

Agus menjelaskan, Bhabinkamtibmas akan mengawasi langsung proses pembangunan fisik dari alokasi dana desa.

Apabila pembangun tidak sesuai dengan aturan dan perencanaan baru akan dilakukan penindakan oleh pihak kepolisian.

Seminggu setelah apel pada hari ini akan dilakukan pertemuan dengan kepala desa dan pemerintah Kabupaten Madiun untuk membahas lebih lanjut mengenai teknis kerjasama. (Surya/Rahadian Bagus)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help