TribunJatim/

Woow, Pemkab Magetan Akan Bangun Jalan Hotmix Senilai Rp 1,5 Triliun

Keinginan warga masyarakat, jalan yang ideal dengan lebar dan aspal hotmix, kami sudah buat perencanaanya dan siap ...

Woow, Pemkab Magetan Akan Bangun Jalan Hotmix Senilai Rp 1,5 Triliun
SURYA/DONI PRASETYO
Proyek Twin Road (jalan kembar) jalur masuk dan keluar Magetan kota, salah satu proyek infrastruktur prioritas ini, memasuki tahap II, Sukomoro - Pojoksari, Minggu (29/10/2017). Total anggaran sampai tahap II sebesar Rp 50 miliar. Proyek twin road ini nantinya sampai Maospati, gerbang masuk Magetan kota, sejauh 15 kilometer, dengan biaya sebesar Rp 125 miliar. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Harapan warga masyarakat Kabupaten Magetan memiliki fasilitas jalan kabupaten yang ideal, dengan lebar 11 meter, sepertinya akan bisa terwujud.

Namun, harus mau menunggu karena pelaksanaannya tidak bisa dilakukan dalam satu tahun anggaran.

"Kami sudah siap dengan proyek besar yang menjadi harapan warga masyarakat di Kabupaten Magetan. Aspirasi warga ini disampaikan anggota DPRD kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Magetan di gedung dewan setempat," ujar Kepala Bidang Jalan Jembatan DPU PR Kabupaten Magetan Muchtar Wahid, kepada Surya, Minggu (29/10/2017).

Menurut Muchtar, pihaknya mengapresiasi keinginan warga masyarakat yang disampaikan lewat anggota dewan di daerah pemilihan (dapil) masing masing itu. Dari aspirasi itulah lalu di petakan dan dibuat perencanaan terrmasuk biaya pelaksanaannya.

"Keinginan warga masyarakat, jalan yang ideal dengan lebar dan aspal hotmix, kami sudah buat perencanaanya. Tinggal bagaimana keinginan warga masyarakat Magetan, kami siap," jelasnya.

Dirinci Muchtar, untuk merealisasikan infrastruktur yang ideal, seperti yang diharapkan warga masyarakat Magetan itu, pelaksanaan proyek jalan ideal ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun. Anggaran sebesar itu, untuk total jalan sejauh 5025 kilometer.

"Karena itu untuk memenuhi harapan warga masyarakat yang aspirasinya disampaikan lewat wakil rakyat di DPRD, kami sudah mencicil jalan ideal sepanjang 400 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp 1, 5 miliar. Tinggal 4625 kilometer yang harus diselesaikan," kata Kiai yang insinyur ini.

Disadari Mochtar, pelaksanaan proyek dengan anggaran besar itu tidak mungkin bisa dilakukan pada satu tahun anggaran, karena mengingat APBD Kabupaten Magetan yang hanya Rp 1,7 triliun.

"Harapan DPRD itu sudah kami perhitungkan, semua butuh waktu dan biaya. Tapi paling tidak di beberapa wilayah, sudah kami cicil, mulai wilayah kota sampai dibeberapa kecamatan, ini untuk memenuhi harapan warga masyarakat Magetan," terangnya.

DPRD Kabupaten Magetan membenarkan rencana Pemkab Magetan melakukan peningkatan kelas jalan. Dari kelas jalan dengan lebar kurang 10 meter, menjadi jalan ideal dengan lebar 11 merer (kanan 5,5 meter, kiri 5,5 meter.

"Apapun, yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat, dan itu logis, DPRD pasti mendukung," ucap Sutikno,  Anggota Komisi D yang membidangi pembangunan DPRD Kabupaten Magetan kepada Surya, Minggu (29/10/2017).

Menurut Sutikno, peningkatan jalan di Magetan perlu dilakukan, karena menyesuaikan dengan meningkatnya arus lalu, dari Jawa Timur dan Jawa Tengah atau sebaliknya, setelah jalan tembus Sarangan mudah dilewati.

"Makanya, kita merencanakan twin road, di jalur jalan provinsi mulai pintu masuk Maospati sampai ke Magetan kota, dan itu masuk pembangunan infrastruktur prioritas. Ini dilakukan karena adanya peningkatan arus lalu lintas yang masuk ke Magetan dan sebaliknya," kata mantan kontraktor ternama Magetan ini.

Sutikno berjanji, akan mendukung pengajuan anggaran untuk biaya pembangunan jalan ideal di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Magetan, yang biayanya sebesar Rp 1,5 triliun itu.

"Untuk anggaran saya rasa bisa dilakukan bertahap, karena selain biaya sangat besar, APBD Magetan sangat kecil, kalau sekaligus dilakuan dalam satu tahun anggaran jelas tidak mampu. Tapi proyek peningkatan jalan itu harus dilakukan," tegasnya, sambil mengatakan, akan koordinasi dengan DPU PR Kabupaten Magetan untuk mencari bantuan anggaran ke pemerintah pusat. (Surya/Doni Prasetyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help