TribunJatim/

Jalan Tol Makan Korban

Pelaksana Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo Belum Tahu Penyebab Ambruknya Girder Maut

Pemegang Proyek pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo akhirnya bersuara terkait jatuhnya girder pembawa maut. Anehnya ...

Pelaksana Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo Belum Tahu Penyebab Ambruknya Girder Maut
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Project Manajer Tol Paspro I Kadek Oka Suartana didampingi Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo, saat memberikan keterangan ke media terkait ambruknya girder pembawa maut, Minggu (29/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pemegang Proyek pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait jatuhnya girder di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Minggu (29/10/2017) yang memakan korban.

Project Manajer Tol Paspro I Kadek Oka Suartana mengatakan, kejadian ini tidak pernah diduga oleh manajemen dan semua pekerjannya. Karena semua pekerjaan sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Kami memang memasang empat girder untuk pembangunan flyover yang akan menghubungkan Desa Plososari dan Desa Cukurgondang. Pekerjaan itu dilakukan sejak Sabtu kemarin," ujarnya, kepada Surya.

Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk, 1 Tewas, 1 Luka Parah, Naib Pekerja Lain Belum Jelas

Menurut Kadek Oka Suartana. pemasangan tiga girder sebelumnya tidak ada permasalahan. Semua berjalan lancar. Namun, di pemasangan yang terakhir, ada sedikit kendala.

"Kami belum bisa tentukan juga apa yang menyebabkan kejadian ini. Kami masih runtut satu per satu aktivitas sebelum terjadi kesalahan dan membuat girder terjatuh dan menimpa pekerja," terangnya.

Girder yang dipasang memiliki panjang 50,8 meter. Dengan berat diperkirakan kurang lebih 100 ton.

Pemasangan ini dilakukan dua crane dengan kapasitas mampu mengangkat girder sampai dengan berat maksimaal 250 ton.

"Dari sisi crane saja kami sudah memadai. Beratnya cuma 100 ton, kami gunakan crane yang bisa mengangkat girder sampai berat maksimal 250 ton," paparnya.

Sempat Terjepit Girder, Korban Tol Pasuruan-Probolinggo Selamat dari Maut Gara-gara ini

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help