TribunJatim/

40 Gedung Produksi dan Promosi Kerajinan Bangkalan Berdiri di Suramadu

Puluhan gedung itu akan difungsikan sebagai tempat produksia dan etalase promosi beragam IKM di Bangkalan.

40 Gedung Produksi dan Promosi Kerajinan Bangkalan Berdiri di Suramadu
Surya/Ahmad Faisol
Pembagunan dua gedung, dari 40 gedung di sentra IKM sudah mencapai 85 persen 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Geliat pembangunan di sepanjang akses menuju Jembatan Suramadu sisi Madura lambat laun mulai tampak. Setelah SPBU, SPBE, dan Rest Area, kini kawasan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) seluas 6 hektare (ha) mulai dibangun di sisi timur akses, Desa Baengas, Kecamatan Labang.

Di atas lahan seluas itu, 4 ha di antaranya akan dipadati 40 gedung IKM. Sementara 2 ha sisa lahan lainnya akan difungsikan sebagai lahan parkir, toilet, dan fasilitas umum.

Puluhan gedung itu akan difungsikan sebagai tempat produksia dan etalase promosi beragam IKM di Bangkalan.

Seperti batik, anyaman tali agel, kerajina pecut, miniatur kerapan sapi, hingga produksi emban cincin.

Berdasarkan dokumen Detailed Engineering Design (DED) dan Ilustrasi Ruang dari Kementrian Perindustrian yang diterima Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bangkalan, setiap gedung IKM masing-masing berukuran 20 meter x 18 meter.

Kepala Bidang Non Agro Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Iskandar Ahadiyat mengungkapkan, setiap gedung akan memiliki ruang produksi, etalase, sekaligus ruang promosi.

"Para pengunjung tak hanya belanja batik dan souvenir Bangkalan. Namun mereka juga bisa melihat proses pembuatannya. Bahkan bisa belajar langsung cara membatik ke perajin," ungkap Iskandar Ahadiyat kepada Surya, Senin (13/11/2017).

Ia menjelaskan, gedung batik, gedung kerajinan tali agel, gedung kerajinan pecut, miniatur karapan sapi, dan gedung kerajinan emban cincin diproyeksikan berjumlah lebih dari satu gedung.

"Satu gedung akan ditempati satu kelompok IKM yang beranggotakan Sepuluh orang pekerja. Misal gedung batik, akan ada ruang menulis batik, mencelup, menjemur, dan ruang promosi," jelasnya.

Pembangunan sentra IKM Bangkalan yang masuk di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM) tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perindustrian 2017 dengan sistem multi-years.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help