TribunJatim/

Awas Musim Pancaroba, Inilah Titik Lengkap Daerah Rawan Bencana di Kediri

Musim pancaroba dengan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh Jawa Timur, harus diwaspadai jika tak mau hal tragis terjadi.

Awas Musim Pancaroba, Inilah Titik Lengkap Daerah Rawan Bencana di Kediri
istimewa
Petugas Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan relawan bencana saat mencari korban bencana tanah longsor di Kabupaten Jember, Rabu (18/10/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Musim pancaroba dengan kondisi cuaca ekstrem akan terjadi di hampir seluruh Jawa Timur, khususnya di wilayah Kabupaten Kediri. Sehingga masyarakat harus benar-benar waspada.

Berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Klas I Surabaya adanya hujan lebat disertai kilat atau petir bahkan angin kencang masih berpotensi melanda di kawasan Mataraman.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Randi Agata mengatakan pihaknya telah mengantisipasi dengan memetakan kawasan rawan bencana alam mulai dari tanah longsor, angin puting beliung, banjir hingga area lahar hujan.

Dia meminta agar warga Kediri agar bersikap waspada terkait adanya potensi bencana alam yang bisa terjadi secara tiba-tiba itu.

"Kami telah memetakan desa rawan bencana di Kabupaten Kediri," ucap Randi Agata kepada Surya, Minggu (12/11/2017).

Adapun kawasan desa rawan bencana yakni di Kecamatan Mojo yang berpotensi tanah longsor meliputi Desa Blimbing, Petungroto, Jugo, Ponggok, Pamongan, Ngentrep, Tambibendo, Kedawung dan Ngadi.

Sedangkan, potensi angin puting beliung di Desa Pamongan dan Ngetrep dan bencana banjir di Desa Tambibendo.

Di Kecamatan Semen antisipasi bencana alam tanah longsor meliputi Desa Kedak, Kanyoran, Selo Panggung, Joho, Puhsarang, Pagung. Waspadai bencana alam angin puting beliung di Desa Pagung.

Kemudian di Kecamatan Banyakan, potensi tanah longsor di Desa Tiron dan Parang. Harap bersikap waspada potensi adanya bencana banjir di Desa Maron, Banyakan dan Ngablak.

Di Kecamatan Grogol, Desa Kalipang potensi terjadinya bencana tanah longsor. Kemudian di Desa Gambyok antisipasi adanya angin puting beliung.

Halaman
123
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help