TribunJatim/
Home »

Jatim

Pelayanan e-KTP Kabupaten Blitar Harus Dipecah di Tiap Eks Kawedanan

Pelayanan E-KTP di Kabupaten Blitar masih terpusat di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kondisi ini yang memicu antrean panjang

Pelayanan e-KTP Kabupaten Blitar Harus Dipecah di Tiap Eks Kawedanan
Surya/ Samsul hadi
Suasana antrean pemohon pencetakan E-KTP di kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Senin (13/11/2017). Warga menganggap sistem pelayanan pencetakan E-KTP masih semrawut karena campur jadi satu dengan pelayanan administrasi kependudukan lain. 

 TRIBUNJATIM.COM,BLITAR – Sistem pelayanan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Jawa Timur banyak dikeluhkan masyarakat.

Sistem pelayanannya semrawut dan sampai sekarang belum ada solusinya.

Pelayanan E-KTP di Kabupaten Blitar masih terpusat di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Kondisi ini yang memicu antrean panjang pomohon pelayanan E-KTP di kantor Disepndukcapil.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Haryo Kusbroto mengatakan sering menerima keluhan dari warga soal sistem pelayanan E-KTP di kantor Dispendukcapil yang tidak maksimal. Warga sering mengeluh harus antre lama saat mengurus pencetakan E-KTP.

Menurutnya, jika dibandingkan di daerah lain, sistem pelayanan E-KTP di Kabupaten Blitar masih tertinggal. Dengan Kabupaten Jember, misalnya.

Saat kunjungan kerja di Jember, Haryo melihat sistem pelayanan E-KTP di Jember sudah menjangkau di tingkat kecamatan.

Dengan begitu tidak ada lagi keluhan dari masyarakat soal antrean panjang saat mengurus E-KTP.

“Kalau di tempat lain bisa, semestinya di Kabupaten Blitar juga bisa menerapkan sistem seperti itu,” kata politikus Partai Gerindra itu, Senin (13/11/2017).

Komisi I sudah mengusulkan ke Dispendukcapil agar menerapkan pelayanan E-KTP di tingkat kecamatan. Kalaupun belum bisa menerapkan pelayanan E-KTP di tingkat kecamatan setidaknya ada penambahan tempat pelayanan E-KTP lagi.

Hal itu untuk memecah agar pelayanan E-KTP tidak terpusat di kantor Dispendukcapil. Sehingga antrean pemohon perekaman dan pencetakan E-KTP tidak terlalu panjang.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help