TribunJatim/

Awasi WNA, Imigrasi dan Kemenkumham Bentuk Tim Pora

Imigrasi dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora).

Awasi WNA, Imigrasi dan Kemenkumham Bentuk Tim Pora
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Dirjen Imigrasi dan Kemenkumham, Irjen Pol Ronny Franky Sompie Saat Menjadi Pembicara di Hotel Wyndham Surabaya Pada Selasa (14/11/2017) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Imigrasi dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora).

Tim Pora dibentuk pada saat acara Pengukuhan Tim Pora wilayah Jatim yang berlangsung di Hotel Wyndham Surabaya pada Selasa (14/11/2017), sekitar pukul 15.00 WIB.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Irjen Pol Ronny Franky Sompie mengatakan bila ada orang asing yang bekerja tanpa izin, maka Dinas Ketenagakerjaan dan polisi dapat menanganinya.

Namun, bagi mereka (orang asing) yang tidak memiliki izin tinggal untuk bekerja sesuai dengan kegiatannya itu, maka Imigrasi lah yang menanganinya.

( Pencari Suaka yang Masuk ke Indonesia Tak Hanya Dapat Perlindungan HAM, Tapi Juga. . . )

"Bukan pekerja tanpa izinnya, tetapi penyalahgunaan izin tinggalnya yang ditangani Imigrasi," tutur Ronny.

Pasalnya, lanjut Ronny, ketika orang asing masuk melalui pintu gerbang seperti bandara dan pelabuhan di setiap lintas perbatasan yang ada imigrasinya, bila mereka boleh masuk berarti mereka telah dinyatakan lengkap.

Namun, saat berada di Indonesia usai berada di pintu gerbang, yang mengawasi bukan hanya imigrasi, tetapi tergantung pada kegiatan yang dilakukan orang asing itu.

"Kalau mereka jadi petani, lalu siapa yang mengawasi petani? Karena imigrasi tidak mengawasi petani, misalnya lagi ketika mereka melakukan kegiatan di luar kewenangan imigrasi, maka aparat yang berwenang dan berkompeten lah menanganinya," pungkas Ronny.

Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Agustina Widyastuti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help