TribunJatim/

Proyek Fisik Capai 90 Persen, Bupati Tulungagung Puas Proyek Jembatan Nglampir

“Jembatan ini dulu sempat hilang karena bencana. Sekarang dibangun jauh lebih kokoh,” ucap Syahri.

Proyek Fisik Capai 90 Persen, Bupati Tulungagung Puas Proyek Jembatan Nglampir
Surya/David Yohanes
Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo (batik coklat) saat meninjau jembatan Nglampir. 

 TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo berulang kali melongok ke arah bawah jembatan Nglampir, di Desa Nglampir, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungaggung, Jawa Timur, Selasa (14/11/2017).

Dengan senyum mengembang, Syahri mengaku puas dengan kualitas jembatan ini.

“Jembatan ini dulu sempat hilang karena bencana. Sekarang dibangun jauh lebih kokoh,” ucap Syahri.

Sebelumnya jembatan ini hanya selebar 2,5 meter. Karena berdiri di area rawan bencana, jembatan baru dibangun dengan konstruksi lebih kuat, dan dibuat selebar 4 meter.

“Sungai yang melintas ini juga menampung air dari wilayah Kabupaten Trenggalek. Makanya harus dibuat sekuat mungkin, agar ke depan tidak hilang dilanda bencana,” tambah Syahri Mulyo.

Jembatan ini salah satu dari beberapa proyek fisik di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang ditunjau bupati. Lanjut Syahri, secara umum pembangunan fisik tahun 2017 sudah mencapai 90 persen.

Untuk proyek yang dibiayai APBD murni, hanya tinggal penyelesaian akhir. Hingga akhir tahun Syahri yakin semua sudah mencapai 100 persen.

“Misalnya kantor Kecamatan Ngantru, dibangun dari APBD murni. Saat ini tinggal finishing saja,” ungkap Syahri Mulyo.

Tersangka KUPS Pacitan Bisa Lebih 16 Orang

Sementara proyek fisik yang dianggarkan dari APBD Perubahan, banyak yang mulai dikerjakan. Sebagian masih dalam tahap lelang.

“Kalau proyek yang sudah disahkan dalam paripurna PAK (Perubahan Anggaran Keuangan), biasanya proyek jangka pendek. Akhir tahun akan selesai semua,” pungkas Syahri Mulyo.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Sutrisno mengatakan, ada tujuh jembatan yang dibangun tahun ini. Selain jembatan Nglampir, ada jembatan Sukowiyono, Suwaru, Mergayu, Suwaluh, Sumberbendo dan Manding.

Selain itu ada puluhan ruas jalan yang diaspal hotmix. Termasuk wilayah kota, seperti Jalan Dr Soetomo-WR Supratman, Jalan Lingkar Pasar Pahing, dan Keluarahan Bago.

“Untuk tahun ini kami memang fokus untuk wilayah kota. Sedangkan tahun depan akan kami arahkan ke Kecamatan pagerwojo dan Kecamatan Sendang,” terang Sutrisno. (Surya/David Yohanes)

Penulis: David Yohanes
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help