TribunJatim/

Sebulan Ngandang, Kapal Pemerintah Akhirnya Kembali Layani Wilayah Kepulauan Sumenep

Sebelum ngandang dan diperbaiki, kapal milik pemerintah ini memang melayani trayek pelayaran ke sejumlah wilayah kepulauan di Sumenep.

Sebulan Ngandang, Kapal Pemerintah Akhirnya Kembali Layani Wilayah Kepulauan Sumenep
SURYA/MOHAMMAD RIFAI
KM DBS I yang sudah selesai perbaikan, siaga di pelabuhan Kalianget untuk kembali berlayar ke wilayah kepulauan di Sumenep, Senin (20/11/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Setelah sekitar satu bulan diperbaiki, KM Dharma Bahari Sumekar I (DBS) I milik Pemkab Sumenep akhirnya bisa berlayar lagi. Pelayaran perdana akan dimulai, Selasa (21/11/2017) besok.

DBS I akan kembali melayari dan melayani penumpang ke wilayah kepulauan di Sumenep, seperti ke Pulau Sepudi, Arjasa dan Sapeken.

Direktur Utama PT Sumekar, Moh Rasul Junaidy mengatakan, selama satu bulan kapal milik Pemkab itu mengalami docking atau perbaikan di Surabaya.

“Alhamdulillah sekarang sudah selesai perbaikannya, dan sudah siap kembali berkayar ke beberapa kepulauan di wilayah Kabupaten Sumenep,” ujarnya, Senin (20/11/2017).

Penetapan RAPBD 2018 Kota Blitar Molor, Penyebabnya Sepele

Menurut Rasul Junaidy, KM DBS I memang memiliki trayek pelayaran ke beberapa kepulauan Sumenep.

Sedangkan untuk hari Selasa, tujuan pelayaran dari Pelabuhan Kalinger menuju Pelabuhan Batu Guluk, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean dan ke pelabuhan ke Pulau Sapeken, Kecamatan Sapeken Sumenep.

“Kita harapkan perjalanan perdana sejak KM DBS I dalam perbaikan, akan berjalan lancar, mengingat cuaca kerapkali turun hujan,” tambah mantan wartawan ini.

Dengan beroperasinya KM DBS I, maka pelayaran ke kepulauan yang sebelumnya hanya dilayani Kapal Cepat KM Bahari 3c dan KM Perintis Sabuk Nusantara 27 akan semakin lengkap dengan kembali beroperasinya KM DBS I.

Investasi Rp 37 Triliun Sudah Masuk ke Surabaya, Proyek Jalur Kereta ke Pelabuhan Dipercepat

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, memprediksi cuaca di wilayah perairan Sumenep masih relatif baik, walau dilanda sedikit turun hujan.

Kecepatan angin mencapai 9,3 Km perjam dari utara-barat dengan kelembaban 95 persen dengan suhu 24 C.

“Insyaallah perjalanan berlayar ke kepulauan aman dan masih pada batas toleransi,” ujar Arif Rahman dari BMKG Kalianget, Sumenep.

Bongkar Masjid, Risma dan Ketua DPRD Surabaya Dilaporkan ke Polda Jatim

 (Surya/Mohammad Rifai)

Penulis: Moh Rivai
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help