Begini Cara Industri Perkapalan Tingkatkan Nilai Aset dan Menjaga Kualitas Badan Kapal

Kepala Seksi Sumber Daya, Sarana dan Prasarana Industri Kementerian Perindustrian, Sungkono menjelaskan industri perkapalan hadapi tantangan.

Begini Cara Industri Perkapalan Tingkatkan Nilai Aset dan Menjaga Kualitas Badan Kapal
TRIBUNJATIM.COM/AULIA FITRI HERDIANA
Sungkono saat memberi pemaparan dalam seminar Optimalisasi Nilai Aset Marine Dengan Coating Standar Internasional, Surabaya pada Kamis (23/11/2017) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aulia Fitri Herdiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Coating kapal berstandar internasional diharapkan mampu tingkatkan efisiensi industri perkapalan.

Kepala Seksi Sumber Daya, Sarana dan Prasarana Industri Kementerian Perindustrian, Sungkono menjelaskan industri perkapalan di Indonesia menghadapi banyak tantangan.

"Berbeda dengan jenis transportasi lain seperti pesawat atau mobil, kapal meskipun tidak berlayar akan tetap ada risiko korosi karena terus mengapung di laut," terang Sungkono di Hotel Mercure Grand Mirama, Jalan Raya Darmo, Surabaya, pada pada Kamis (23/11/2017).

Sebulan Ngandang, Kapal Pemerintah Akhirnya Kembali Layani Wilayah Kepulauan Sumenep )

Melalui coating kapal sesuai standar internasional, Sungkono mengatakan dapat meningkatkan nilai aset atau menjaga kualitas badan kapal.

Apalagi, aspek utama dalam pembangunan kapal ialah tentang safety atau keselamatan.

Tingkat safety kapal dapat dioptimalisasi dengan melakukan coating, agar dapat melindungi struktur kapal dari korosi air laut.

Sebulan Ngandang, Kapal Pemerintah Akhirnya Kembali Layani Wilayah Kepulauan Sumenep )

"Perlu diketahui juga, biaya untuk mengecat ulang kapal itu terbilang sangat besar, maka coating protection harus dilakukan secara optimal dan tidak asal-asalan," tambah Sungkono.

Penulis: Aulia Fitri Herdiana
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved