TribunJatim/
Home »

Jatim

Pemkot Blitar Siapkan Sanksi Bagi Siswa Tak Pakai Sepeda ke Sekolah

"Nanti juga ada penambahan petugas dari Dishub untuk mengatur lalu lintas. Kami juga berkoordinasi dengan polisi," ujarnya.

Pemkot Blitar Siapkan Sanksi Bagi Siswa Tak Pakai Sepeda ke Sekolah
Surya/Mohammad Romadoni
Sejumlah siswa SMPN 1 Kunjang menenteng sepeda mereka saat menyeberangi jalan yang terputus itu. 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Rencana Pemkot Blitar membagikan sepeda gratis untuk siswa SMP belum bisa terealisasi pada November 2017 ini.

Pemkot Blitar menjadwalkan pembagian sepeda ke siswa baru dilaksanakan pada 6 Desember 2017.

"Pembagian sepeda gratis ke siswa dijadwalkan tanggal 6 Desember 2017. Belum bisa November ini, karena banyak kegiatan," kata Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar, Jumat (24/11/2017).

Samanhudi mengatakan setelah dibagikan para siswa wajib memakai sepeda ke sekolah. Soal teknis pemakaian, pihak sekolah yang mengatur. Dia menyiapkan sanksi bagi siswa yang tidak memakai sepeda ke sekolah.

"Nanti ada sanksinya, kalau tiga kali tidak memakai sepeda ke sekokah akan kami keluarkan. Termasuk siswa dari kabupaten (Blitar), begitu masuk kota harus memakai sepeda ke sekolah," kata Samanhudi.

Sekarang, kata Samanhudi, Pemkot Blitar sedang memperbaiki area parkir di beberapa sekolah. Perbaikkan area parkir menggunakan dana dari perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2017. Pemkot juga sudah menyiapkan jalur sepeda di beberapa titik.

"Nanti juga ada penambahan petugas dari Dishub untuk mengatur lalu lintas. Kami juga berkoordinasi dengan polisi," ujarnya.

Menurutnya, pemberian sepeda ini untuk melatih hidup sehat bagi para siswa. Selain itu, pemberian fasilitas sepeda gratis juga membantu wali murid agar tidak banyak mengeluarkan biaya transportasi untuk anaknya ke sekolah.

"Selama ini kami juga sudah menyediakan bus sekolah bagi siswa," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikam Kota Blitar, Heru Puji Murdianto mengatakan saat ini sepeda gratis yang akan dibagikan ke siswa sudah siap. Pembagian sepeda ke siswa memang tinggal menunggu jadwal dari Wali Kota.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help