Jalan Antar Provinsi di Wilayah Genilangit, Magetan- Jateng Longsor, Mobil Harus Memutar Jauh

Praktis kendaraan roda empat harus memutar puluhan kilometer untuk menuju wilayah Kecamatan Poh Pelem,

Jalan Antar Provinsi di Wilayah Genilangit, Magetan- Jateng Longsor, Mobil Harus Memutar Jauh
Surya/Doni Prasetyo
Jalan antar kota antar provinsi, di wilayah Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berbatasan dengan wilayah Kecamatan Poh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, longsor setelah diterjang hujan deras semalaman, mengakibatkan jalan itu kini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Dukuh Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur semalam suntuk, mengakibatkan jalan antar kota antar provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, longsor.

Praktis kendaraan roda empat harus memutar puluhan kilometer untuk menuju wilayah Kecamatan Poh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dari Dukuh Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Menurut warga setempat, jalan itu diketahui longsor sekitar pukul 21.30, sehingga relatif sepi pengguna jalan yang melewati wilayah perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah itu.

"Warga mendengar suara gemuruh. Kemudian dilihat, jalan di wilayah Dukuh Wonomulyo mengalami longsor," kata Maryanto perangkat desa setempat kepada Surya, Kamis (21/12/2017).

Mengetahui itu, warga setempat kemudian melapor ke Koramil, Polsek Poncol dan BPBD Kabupaten Magetan.

"Warga bersama personil Koramil setempat membuat pagar dari bambu untuk antisipasi warga pengguna jalan yang melewati jalan itu," katanya.

Kembalikan Kejayaan Batik Ponorogo, Bupati Ipong Wajibkan PNS dan Pelajar Kenakan Batik Setiap Kamis

Dikatakanya, setelah pagar darurat selesai dibuat. Perangkat setempat berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan desa guna pelaksanaan perbaikan talut yg longsor itu.

"Kalau pun diperbaiki, kemungkinan menunggu musim hujan agak berkurang. Karena pengerjaan talud perlu juga pemadatan tanah, apalagi ini talud jalan antar provinsi yang punya beban berat," jelasnya.

Diprediksi, longsor susulan diwilayah itu bisa saja terjadi lagi. Mengingat wilayah Kecamatan Poncol merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Magetan yang rawan longsor.

"Kalau sampai hujan turun lagi dengan intensitas tinggi, dipastikan akan terjadi longsor. Karena tanah di wilayah Poncol, selain berada di penggunungan, tipe tanahnya gembur sehingga labil bila air hujan mengguyur," katanya seraya mengatakan karena sejak sepekan lalu, BPBD bersama aparat gabungan mendirikan Posko Bencana di Poncol, karena wilayah ini setiap tahun sering terjadi bencana longsor. (Surya/Doni Prasetyo).

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help