Toyota Indonesia Makin Terancam dengan Serbuan Mobil Merek China

Pasar otomotif di Indonesia terus digelontor dengan berbagai produk baru merek China dan makin menghimpit Toyota.

Toyota Indonesia Makin Terancam dengan Serbuan Mobil Merek China
TRIBUNJATIM.COM/MUJIB ANWAR
Mobil Wuling dipamerkan saat peresmian outlet 3S Mobil Wuling di Surabaya, Selasa (18/7/2017) malam, di rumah makan de Soematra, Jalan Sumatera. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pasar otomotif di Indonesia terus digelontor dengan berbagai varian baru produk asal China.

Salah satunya Wuling Motors. Pendatang baru di pasar tanah air ini terus menggelontor pasar Indonesia dengan model baru.

Terakhir, baru saja melepas Cortez, model yang mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) menengah yang menantang dominasi Toyota Kijang Innova.

Kemunculan Cortez, hanya terpaut hitungan bulan dari model perdana Wuling Confero, yang lebih dulu meluncur Agutus 2017 lalu.

Wuling menawarkan model-model dengan harga kompetitif, sekaligus dibekali fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak ada pada kompetitor di segmen sama, terutama dari merek Jepang.

Merek asal China ini juga berhasil memenuhi janjinya mengoperasikan jaringan pemasaran dan layanan purna jual (diler) berstandar layanan 3S di kota-kota besar Indonesia.

Melihat serbuan yang dilakukan merek China, Toyota Indonesia sebagai pemimpin pasar, sekaligus penjaga status quo dominasi merek Jepang merespons.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM)'>PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kehadiran merek dan model baru ke pasar tentu menjadi hal positif buat konsumen.

Tetapi, model-model baru ini juga sekaligus menjadi feedback buat perusahaan yang dipimpinnya.

“Kami tidak reaktif lah. Ini memang ancaman, tapi sifatnya positif, kita harus bisa improve dari model-model yang sudah ada,” kata Henry di Malang, Jawa Timur, Rabu (20/12/2017).

Halaman
12
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help