Kapolda dan Pangdam V Brawijaya Puji Kerukunan Umat dan Keamanan di Banyuwangi

Kedua pejabat tinggi tersebut, mengapresiasi keamanan dan kerukunan umat beragama di Banyuwangi.

Kapolda dan Pangdam V Brawijaya Puji Kerukunan Umat dan Keamanan di Banyuwangi
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Arif Rahman, Membicarakan Persiapan Pengamanan dengan Koordinator Gereja Bethany Surabaya Menjelang Perayaan Natal, Sabtu (23/12/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kepala Polisi Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen (Pol) Machfud Arifin, bersama Panglima Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Arif Rahman, datang memantau keamanan dan pelaksanaan operasi lilin 2017 di Banyuwangi, Selasa (26/12/2017).

Kedua pejabat tinggi tersebut, mengapresiasi keamanan dan kerukunan umat beragama di Banyuwangi.

Selama di Banyuwangi, keduanya mengunjungi Gereja Maria Ratu Damai dan Pelabuhan Ketapang.

"Saya bangga dengan keharmonisan antar umat beragama di Banyuwangi. Kekompakan antar elemen dalam menjaga pelaksanaan Natal seperti yang dilakukan Banser dan lainnya, ini patut diapresiasi sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga keamanan sekaligus kerukunan," ungkap Machfud Arifin saat menemui tokoh lintas agama di Gereja Maria Ratu Damai, Banyuwangi.

Turut hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh lintas agama, antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia Banyuwangi, Moh. Yamin.

Menurut Machfud, kerukunan dan kekompakan tersebut menjadikan pelaksanaan misa Natal 2017 di Banyuwangi, khususnya, dan Jawa Timur, pada umumnya, berlangsung aman.

"Sampai saat ini, semua misa Natal gereja berlangsung aman. Tidak ada kejadian yang menonjol," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pangdam V Brawijaya Arif Rahman. Menurutnya, sinergitas menjadi kunci penting dalam menjaga keamanan.

"Kami bersinergi dengan pihak kepolisian. Semua unit kami, on call jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan pengamanan," tuturnya.

Tak hanya meninjau kelancaran Natal, rombongan tersebut juga memantau langsung arus lalu lintas di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Rombongan mendapatkan paparan terkait pengamanan dan rekayasa lalu lintas di pos pantau digital Polres Banyuwangi yang berada di kompleks pelabuhan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help