Pantai Kutang dan Pohon Trinil, Dua Tempat Wisata Alam di Lamongan yang Masih Perawan

Selain punya tempat spektakuler WBL, Lamongan ternuata mempunyai dua wisata alam yang masih perawan. Bahkan ...

Pantai Kutang dan Pohon Trinil, Dua Tempat Wisata Alam di Lamongan yang Masih Perawan
TribunJatim/Hanif manshuri
Pantai Kutang di Kabupaten Lamongan yang masih perawan dan menjadi tujuan baru para wisatawan. 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Selain memiliki tempat wisata yang spektakuler Wisata Bahasa Lamongan (WBL), Lamongan juga mempunyai dua wisata alam yang masih perawan.

Yakni Pantai Kutang dan Pohon Trinil. Sayang, dua lokasi wisata tersebut belum menjadi pilihan bagi wisatawan di musim liburan ini, termasuk libur tahun baru 2018 ini.

Padahal lokasi wisata ini pernah diperkenalkan dan dijadikan lokasi sekitar 40 pelukis Jawa Timur sebagai tempat bisa memberikan inspirasi, sekaligus mempromosikan wisata.

Para pelukis mengekspresikan keindahan alam 2 lokasi wisata baru di Lamongan, Pantai Kutang dan Pohon Trinil. Bahkan, pelukis muda pun nampak ikut menggoreskan kuasnya diatas kanvas.

Para pelukis ini hampir merata ini mengekspresikan keindahan pantai Kutang melalui kanvasnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pelukis ini ketika di pohon trinil, mereka menyebar membawa kanvas dan alat lukisnya sambil menikmati pemandangan yang indah.

Ketua Umum Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati), Muit Arsa kepada wartawan mengatakan kegiatan melukis massal yang bertajuk On The Spot Exhibition '@RTVENTURE#7' Jelajah Jatim ini sebagai bentuk kepedulian terhadap seni rupa dan memfasilitasi serta memberi wadah kepada para pencinta seni lukis dan budaya di Jawa Timur.

"Agenda kita lebih mempromosikan wisata budaya Jawa Timur ke kanca yang lebih luas," katanya.

Ratusan pelukis ini datang dari berbagai kota di Jawa Timur dilibatkan melukis massal di dua lokasi di wilayah utara Lamongan. Yaitu, di Pantai Kutang yang terletak di Desa Labuhan, dan Pohon Trinil atau Taman Harry Potter di Dusun Widhe, Desa Sendangharjo, keduanya di Kecamatan Brondong.

Lamongan merupakan tempat yang ke tujuh yang telah dijamah oleh Koperjati pada kegiatan melukis massal setelah di 6 tempat lainnya di Jawa Timur.

Muit mengakui sengaja memilih lokasi wisata sebagai bagian dari promosi wisata ke masyarakat luas dan dipilih Pantai Kutang dan Pohon Trinil sebagai lokasi melukis massal karena dua tempat yang ada di utara Lamongan ini memiliki keindahan dan keunikan yang tersendiri.

Ke pantai kutang karena ia mendengar dan juga sering browsing. Terbukti tempat ini sangat unik sangat menarik dan sambil melukis di pantai kutang ini dan menjelajah dan melukis di pohon Trinil.

"Pohon Trinil juga tempat wisata baru, yang juga kita promosikan melalui bidang seni rupa," ungkapnya.

Kegiatan On The Spot Exhibition '@RTVENTURE#7' Jelajah Jatim ini diramaikan seniman-seniman lukis yang dibesarkan dari berbagai daerah di Jawa Timur, diantaranya dari Kabupaten Tuban, Bondowoso, Batu, Kediri, Jombang, Surabaya dan Probolinggo dan daerah lainnya. (Surya/Hanif Manshuri)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help