Ngurus SKCK di Polres Bangkalan Hanya Butuh Waktu 5 Menit

proses pengurusan berkas yang dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) itu hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Ngurus SKCK di Polres Bangkalan Hanya Butuh Waktu 5 Menit
Surya/Ahmad Faisol
Penerbitan SKCK baru di Mapolres Bangkalan kini hanya membutuhkan waktu 8 menit. Sementara permohonan perpanjangam SKCK hanya butuh waktu 5 menit 

 TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Masyarakat Bangkalan tak perlu ribet dan antre lama saat mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres setempat.

Selain ruangan ber-AC, proses pengurusan berkas yang dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) itu hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Pelayanan singkat ini tak lepas dari upaya Polres Bangkalan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya pelayanan birokrasi termasuk pelayanan pembuatan SIM dan BPKB.

Kasubbag Humas Polres Bangkalan AKP Bidarudin mengungkapkan, waktu 5 menit itu khusus untuk perpanjangan SKCK. Sementara untuk pembuatan SKCK baru membutuhkan waktu 8 menit.

"Perangkatnya tetap sama. Tapi dulu tidak ada nomor antrean. Dulu berkas perpanjangan dan permohonan SKCK baru jadi satu. Jadinya semrawut. Sekarang lebih tertata," ungkap Bidarudin.

Ia menjelaskan, pelayanan cepat itu merupakan implementasi dari program Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM) yang terus digalakkan Polres Bangkalan.

"Sesuai dengan tagline Polres Bangkalan sebagai 'Polisi Penolong'. Tetap tegas, sopan, santun, dan bermartabat," jelas mantan Kapolsek Konang itu.

'Polisi Penolong' tak hanya diimplementasikan dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, namun juga nampak pada atribut yang digunakan polisi di sejumlah ruang pelayanan.

Seperti di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Bangkalan. Para polisi yang bertugas diperintahkan menggunakan pakaian batik.

"Hal itu untuk menciptakan hubungan emosional yang positif dengan masyarakat. Petugas di SKCK dan pelayanan SIM dan BPKB juga tidak berseragam polisi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help