TribunJatim/

Solar di Kepulauan Sumenep Menghilang, Nelayan Gagal Melaut

Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar untuk nelayan kepulauan dalam mencari ikan di laut sudah hampir satu minggu langka.

Solar di Kepulauan Sumenep Menghilang, Nelayan Gagal Melaut
SURYA/HANIF MANSHURI
Perahu nelayan bersandar 

 TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Masyarakat nelayan di kepulauan kembali dibingungkan oleh raibnya bahan bakar minyak jenis solar.

Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar untuk nelayan kepulauan dalam mencari ikan di laut sudah hampir satu minggu langka.

“ Akhir-akhir ini banyak nelayan kepulauan yang mengeluhkan kelangkaan BBM bersubsidi di kepulauan, padahal jatah BBM untuk masyarakat nelayan sudah disediakan oleh pemerintah, tapi kenapa kok di kepulauan sering kosong,” kata Dahlan Karim, tokoh masyarakat Pulau Raas, Kecamatan Raas, Sumenep, Rabu (4/1/2018).

Dikatakan, seringnya terjadi kelangkaan BBM bersubsidi dikepulauan, disebabkan masih banyaknya nelayan setempat, oleh karena belum teraturnya distribusi BBM khususnya jelas solar ke kepulauan.

Kendati ada warga yang memiliki rekomendasi pembelian BBM dari pemerintah, namun seringkali tidak mencukup bagi kebutuhan nelayan, atau bahkan ada dugaan penimbunan sehingga hampir setiap saat BBM jenis Solar tiba-tiba raib dan nelayan akhirnya tidak bisa melaut.

“ Ini harus menjadi perhatian pemerintah agar warga kepulauan, khususnya di Pulau Raas, tidak ada lagi kelangkaan BBM khususnya solar yang merupakan kebutuhan utama nelayan kepulauan,” sambungnya.

Kesal Dagangannya Tak Laku, Tukang Rombeng di Pasar Dupak Sulap Besi Bekas Jadi Patung Tentara

Anggota DPRD Sumenep, Badrul Aini, mengaku akan menindaklanjuti keluhan masyarakat nelayan kepulauan, untuk kemudian dicarikan solusi pemecahannya.

“ Kita akan berkoordinasi dengan Pemkab Sumenep, agar kasus lama untuk warga kepulauan ini tidak kembali terulang,” papar Badrul Aini. (Surya/Neneng uswatun)

Penulis: Moh Rivai
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help