TribunJatim/

Suka Pedas, Menu Nasi Iblis di Surabaya ini Bisa Jadi Pilihan

Jumlah masyarakat Surabaya penggemar makanan pedas makin banyak, dan tempat kuliner menu pedaspun makin menjamur.

Suka Pedas, Menu Nasi Iblis di Surabaya ini Bisa Jadi Pilihan
SURYA/PIPIT MAULIDIYA
Tania Nugroho sedang mencicipi Nasi Iblis. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagian masyarakat Surabaya gemar makan pedas, ini terbukti karena banyaknya jumlah tempat makan yang menyediakan menu makanan pedas di Surabaya.

Salah satu kuliner pedas yang sedang booming baru-baru ini adalah ayam geprek. Beberapa tempat makan menawarkan menu ayam bercampur sambal ini.

Tak ingin kehilangan momen, Hotel Bekizaar Surabaya turut menyediakan menu varian pedas nan menggoda di salah satu tempat makan mereka, Jaloe Restaurant.

“Tren menyajikan menu pedas berlevel seperti ini kan banyak. Apalagi di Surabaya, penggemar makanan pedas memang cukup banyak. Nah akhirnya tercetuslah ide untuk membuat varian makanan pedas yang kami namakan nasi iblis,” terang Efin Kusuma, executive chef Hotel Bekizaar Surabaya, Jumat (12/1/2018).

Nekat Keluar dari Zona Nyaman, Hamid Jadi Pioner Pembuat Tas Golf Ternama Tanggulangin

Sesuai namanya, Nasi Iblis lanjut chef Efin dimasak dengan menggunakan cabai berlevel, sesuai permintaan.

"Cara memasaknya cukup mudah. Potongan cabai itu diiris, ditambah bawang putih dan sedikit garam lalu disiram dengan sedikit minyak goreng panas. Jadilah sambal pedas ala Jaloe Restaurant," katanya

Nasi Iblis berisi nasi putih hangat yang disajikan bersama sambal pedas yang sudah di masak sepeeti penjelasan di atas. Kemudian ditambahkan jeroan, seperti empal, paru, dan usus.

“Sebelum jeroan digoreng, diungkep terlebih dahulu dengan campuran bumbu kuning. Lamanya tergantung jenis jeroan. Nah nasi iblis ini bisa dinikmati dengan kerupuk emping, rasanya akan sangat pas di mulut. Pedas, asin, manis, dan gurihnya terasa,” tambahnya.

Berawal dari Coba-coba, Sri Malah Berhasil Jual Cake Tiwul Hingga Singapura dan Jadi Jutawan

Selain sambal, chef Efin juga menambahkan irisan cabai rawit yang dipotong tipis di atasnya.

Masing-masing level memiliki jumlah cabai beebeda. Untuk level satu ada 10 cabai rawit yang diiris tipis, level dua 20 cabai, begitu kelipatannya sampai level 6.

"Yang mau request lebih dari 60 cabai rawit ya monggo saja. Tapi sejauh ini sih masih belum ada ya. Rata-rata level tiga sudah pedas banget,” tutupnya. (Surya/Pipit Maulidiya)

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help