Jadikan Boom Marina Kawasan Pelabuhan Wisata, Banyuwangi Siapkan Bengkel Kapal Yatch

Pantai Boom Banyuwangi akan disulap menjadi kawasan pelabuhan wisata, Boom Marina dengan fasilitas super lengkap.

Jadikan Boom Marina Kawasan Pelabuhan Wisata, Banyuwangi Siapkan Bengkel Kapal Yatch
SURYA/HAORRAHMAN
Kapal cepat Srikandi yang menghubungkan Banyuwangi-Bali‎. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pantai Boom Banyuwangi, kini tengah proses pembangunan untuk menjadi kawasan pelabuhan wisata, Boom Marina.

Nantinya kawasan Pelindo III tersebut menjadi kawasan wisata dengan berbagai fasilitas seperti resort, hotel, pusat kuliner, dan dermaga kapal yatch.

Dalam master plan pembangunan itu, Pantai Boom juga dilengkapi pusat maintenance yatch. Untuk perawatan kapal yatch, akan ditempatkan di Pantai Cacalan, yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Boom.

Pabrik kapal perang laut PT Lundin Industry Invest Banyuwangi, dipercaya menjadi pihak penyedia jasa perawatan kapal yatch milik wisatawan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendukung rencana tersebut. Ini karena Boom Marina, diperuntukkan menjadi pelabuhan pariwisata.

"Ini akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan pemilik kapal yatch yang berkunjung ke Banyuwangi. Kapalnya nanti bisa dimaintenance di Pantai Cacalan, sekaligus juga untuk memperkenalkan Pantai Cacalan," kata Anas, Senin (22/1/2017).

Anas telah bertemu dengan PT Lundin untuk membahas program tersebut.

Anas juga meminta PT Lundin untuk juga memperhatikan masyarakat sekitar. Pantai Cacalan yang dikelola masyarakat tersebut saat ini tengah tumbuh.

‎“Kami mengundang PT Lundin agar berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di sana. Banyak warga yang aktif di Pantai Cacalan, sehingga ini bisa diatur agar pendapatan mereka meningkat,” kata Anas.

Bupati berusia 44 tahun tersebut berharap agar proses perencanaan dipercepat, dan master plan sudah jadi dalam beberapa bulan kedepan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help