TribunJatim/

Kemenpar: Banyuwangi Penyelenggara Festival Terbaik di Indonesia

Kementerian Pariwisata menetapkan Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah penyelenggara festival terbaik di Indonesia.

Kemenpar: Banyuwangi Penyelenggara Festival Terbaik di Indonesia
Surya/Haorrahman
Peresmian Banyuwangi Festival di Kementerian Pariwisata? 

 TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kementerian Pariwisata menetapkan Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah penyelenggara festival terbaik di Indonesia.

Banyuwangi dinilai mampu menyelenggarakan even festival secara konsisten yang menampilkan nilai-nilai kultural dan komersial dengan apik.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat meluncurkan agenda Banyuwangi Festival 2018 di Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (1/2).

Arief mengatakan, dari kurasi yang dilakukan tim Kemenpar, Banyuwangi setidaknya memenuhi syarat terbaik sebagai daerah penyelenggara festival.

Sejak 2011, Banyuwangi ajeg menggelar festival yang diawali dari 7 atraksi wisata, hingga tahun 2018 ini mencapai 77 atraksi.

Baca: Banyuwangi Festival 2018, hadirkan 77 Agenda Wisata Yang Menarik

"Selain itu, dalam menyelenggarakan festival,Banyuwangi mampu menyeimbangkan antara nilai budaya (cultural value) dengan nilai komersial (commercial value) untuk menjaga kelangsungan serta meningkatkan kualitas festivalnya," jelas Arief.

“Yang tidak kalah penting adalah kemampuan Banyuwangi menggerakkan partisipasi publik untuk mengembangkan pariwisata bersama-sama. Artinya pengembangan pariwisata menjadi program bersama rakyat, bukan program pemerintah daerah saja. Itu yang mahal, karena berarti ada modal sosial pariwisata,” tambah Arief.

Tahun 2018, Banyuwangi kembali merilis sederet agenda wisata yang dikemas dalam Banyuwangi Festival.

Baca: Ada 31 Adegan, Saat Rekontruksi Pelecehan Seksual Pasien National Hospital

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help