Tahun Ini Banyuwangi Targetkan 5 Juta Wisatawan

Banyuwangi penuh percaya diri menatap pariwisata di tahun 2018.Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa itu, menargetkan 5 juta

Tahun Ini Banyuwangi Targetkan 5 Juta Wisatawan
Surya/Haorrahman
Tari Gandrung Banyuwangi akan tampil di Istana Negara 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Banyuwangi penuh percaya diri menatap pariwisata di tahun 2018.Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa itu, menargetkan 5 juta kunjungan wisatawan domestik dan 100.000 wisatawan mancanegara.

Target ini meningkat dua kali lipat dari tahun lalu yang menargetkan 2,3 juta wisatawan.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan beragam program pengembangan pariwisata, akan digelar tahun ini untuk terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan.

"Destinasi wisata akan terus kami benahi agar wisatawan nyaman di Banyuwangi. Selain itu kami menambah Banyuwangi Festival dari 72 event tahun lalu, menjadi 77 tahun ini. Berbagai event baru kami persiapkan," kata Abdullah Azwar Anas, Jumat (2/2/2018).

Target 5 juta wisatawan bukan tanpa dasar. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, target tersebut merupakan target realistis.

Baca: Ini Klarifikasi Juwita Bahar Tentang Pertikaian dengan Annisa, Netizen: Pinter Anak Daripada Ibunya

"Target tersebut berdasarkan data kunjungan wisatawan tahun lalu," kata Bramuda.

Pada 2017 kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 91.000 pengunjung, sedangkan untuk domestik mencapai 4,8 juta pengunjung. Jumlah itu jauh meningkat dari awal periode kepemimpinan Anas, 2010 lalu.

Pada 2010 kunjungan wisatawan mancanegara dari 5.205. Sedangkan wisatawan domestik ke Banyuwangi, meningkat dari 497.000 (2010) menjadi 4,8 juta (2017).

Peningkatan wisatawan itu turut menggerek pendapatan devisa Rp 546 miliar berdasar perhitungan Kementerian Pariwisata.

Baca: Gak Nyangka, Murid Penganiaya Guru di Sampang Ternyata Pandai, Nilainya Jelek Hanya Pada Bidang Ini

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help