Peringati HPN, PWI Pasuruan Ikut Perangi Berita Hoax Untuk Sukseskan Pilkada

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pasuruan bertekad sekaligus berkomitmen untuk ikut mengamankan

Peringati HPN, PWI Pasuruan Ikut Perangi Berita Hoax Untuk Sukseskan Pilkada
Surya/Galih Lintartika
Anggota PWI Pasuruan bersama Kapolres AKBP Raydian Kokrosono 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pasuruan bertekad sekaligus berkomitmen untuk ikut mengamankan dan mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Hal itu dilakukan dengan menandatangani komitmen bersama dan diserahkan langsung ke Polres Pasuruan yang diterima Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, Kamis (8/2/2018) malam.

Komitmen itu diserahkan dalam acara tasyakuran memperingati Hari Pers Nasional (HPN) di rumah dinas Kapolres Pasuruan.

Acara dihadiri sejumlah pejabat utama Polres Pasuruan dan beberapa wartawan dari berbagai macam media lokal, regional, atau pun nasional.

Baca: Billy Syahputra Belain Hilda Vitria yang Masih Istri Orang, Eh Tingkah Si Cewek Bikin Salah Fokus

Inti komitmen itu, PWI sebagai wadah wartawan di Kabupaten Pasuruan ikut mensukseskan Pilkada dengan caranya sendiri.

Wartawan Pasuruan menjadi filter terdepan dalam menangkal berita - berita hoax selama pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, dalam pemberitaan, wartawan akan tetap mengedepankan proses pemberitaan yang sesuai dengan kaidah atau kode etik jurnalistik yang sudah ada.

Ketua PWI Pasuruan Joko mengatakan, wartawan Pasuruan tidak akan membuat berita - berita yang menyudutkan ras, suku dan agama dalam momen pilkada ini.

Baca: Berita Seleb Populer: Shaheer Sheikh di Tempat Servis Ponsel Hingga Dandanan KD Dibilang Seram

Kata dia, momen pilkada ini sangat rawan bagi wartawan. Kenapa ? karena jika tidak berhati - hati dalam pembuatan berita, bisa menjadi sebuah blunder.

"Insyallah kami siap. Kami berkomitmen akan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik dan undang - undang pers dalam melakukan pembuatan produk jurnalistik. Kami siap menjaga keamanan dan mensukseskan Pilkada 2018. Kami akan tetap memegang teguh fungsi pers kami. Kami di sini juga akan tetap netral dan berimbang," kata pria yang bekerja di sebuah stasiun televisu nasional ini.

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengaku sangat berterima kasih kepada rekan - rekan wartawan yang ikut berkomitmen dalam mensukseskan Pilkada 2018 ini. Mantan Kapolres Lumajang ini mengaku dukungan dari wartawan ini sangat penting.

"Terima kasih atas komitmen ini. Selamat hari pers nasional. Semoga komitmen bersama ini, menjadi semangat bersama antara Polisi dan wartawan dalam mensukseskan Pilkada tahun ini," pungkas dia. (Surya/Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help